Koperasi Sogra Sentana Parahita Gelar RAT 2019 dengan Aset Rp 11,9 Miliar

  • 06 Februari 2020 08:00 WITA

Amlapura, BaliBanknews -
Satu persatu Gerakan Koperasi yang di Kabupaten Karangasem mulai bisa melaksanakan Rapat Akhir tahun buku 2019, seperti pada Koperasi Dukuh Sentana Parahita yang beralamat di Jalan Pura pasar Agung Sogra ini telah sukses melaksankan RAT, yakni dengan memberikan apresiasi pada para anggota koperasi berupa pembagian langsung SHU serta bingkisan pada anggota. Di tahun buku 2019 aset Koperasi mencapai Rp 11,9 miliar atau tumbuh 33%. Demikian terungkap ketika hari Kamis,6/2/2020 dilaksanakan RAT, bertempat di kantor koperasi.

Ketua Keperasi Dukuh Sentana Parahita, mangku Putu Darma, di sela-sela RAT mengungkapkan jika dibandingkan tahun 2018 aset keperasi Rp 9,6 miliar sedangkan tahun 2019 menjadi Rp 11,9 miliar, ada kenaikan 33% yang banyak menunjang tumbuhnya aset dari Tabungan dan juga Deposito yang naiknya Signifikan.

“Sedangkan modal Koperasi hingga saat ini sudah mencapai Rp 1,3 miliar naik 130% dari tahun 2018 sedangan SHU juga naik tahun 2019 Rp 1369 juta naik 60% jika di bandingkan tahun 2018 dengan pencapaian 133% dari rencana kerja,” ujarnya.

Sementara dari segi penambahan jumlah anggota hingga akhir tahun 2019 Jumlah anggota koperasi dukuh Sentana Parahita telah mencapai 1274 anggota yang terdiri dari anggota pendiri kemudian anggota inti dan anggota biasa.

Darma Menambahkan dengan terus berkembang koperasi maka kita telah bisa memberikan manfaat ke pura atau merajan Dukuh Sogra yang merupakan cikal bakal berdirinya koperasi. “Maka kita juga telah bisa memberikan manfaat berupa menggratiskan biaya piodalan setiap enam bulan sekali dengan nilai Rp 13 juta setiap piodalan kemudian kita juga rutin melakukan pemotongan daging babi setiap kuningan yang dibagikan kepada anggota Inti atau pendiri di koperasi dengan berat 450Kg,” katanya.

Kedepannya program ini akan terus dilakukan sehingga kehadiran koperasi bisa sesuai dengan tujuan pendirian keperasi yakni dari dan untuk anggota atas semua semua pencapian kinerja yang sudah positip kita selaku pengelola koperasi mengucpakan terimksih kepada seluruh anggota yang selama ini sudah tetap setia dlam memanpatkan program program unggulan di koperasi dukuh sentana parahita.

Pada RAT tahun buku 2019 kita juga menyiapkan undian berhadiah berupa dua undian masing krKedit dan juga Tabungan dan Deposito dengan hadiah berupa kulkas, LCD serta speker aktip dan tahun depan sering dengan kepercyaan anggota kita akan tingkatkan hadiahnya di tahun 2020.

Sementara itu I Wayan putra, selaku ketua pengawas Koperasi Dukuh sentana perahita mengungakpakan sangat mengapresiasi positip atas kinerja para pengurus Koperasi di tahun 2019 apalagi pertumbuhan aset cukup mayakinkan oleh karena itu pihaknya berharap pada seluruh jajaran koperasi untuk bisa mempertahankan kinerja yang sudah baik. “Kalau perlu lebih ditingkatkan lagi dan kita selaku pengawas koperasi akan tetap memberikan dekungan sehingga koperasi ini bisa bersaing di era industri 4.0 dan selaku pengawas akan berusaha secara maksimal sehingga di tahun 2020 koperasi Dukuh sentana parahita bisa berbasiskan online seperti di era digital saat ini sehingga nantinya dengan IT tentunya akan lebih menambah tingkat kepercayaan masyarakat dan juga anggota sehingga tahun 2020 ada lagi penambahan anggota baru koperasi,” pungkasnya. (yes) 


TAGS :

Komentar