LPD Nyuhtebel Gelar LPJ, Raih Laba Rp 1 Miliar

  • 24 Februari 2020 00:00 WITA

Amlapura, BaliBanknews -

Peran serta   Kontribusi  LPD di  Desa Adat sangatlah nyata terutama dlam hal menunjang kelancaran pembangunan di Desa Adat seperti pada LPD  Desa Adat Nyuhtebel yang ada di kecamatan Manggis  hari ini  menggelar laporan pertanggung jawaban (LPJ) tahun  buku 2019 di mana laba LPD  tembus Rp 1 miliar ,Senin (24/2) bertempat di Bale Banjar Tauman Nyuhtebel Dalam kegiatan tersebut LPD Desa Adat Nyuhtebel menyerahkan dana pembangunan sebesar Rp 200 juta   serta dana motipasi ke seka truna, truni, serta Banjar  yang merupakan bentuk kontribusi LPd secara langsung   kepada masyarakat.

Pemucuk  LPD Desa Adat Nyuhtebel, I Kadek Tirta,  ketika di temui BaliBanknews di sela sela LPJ  mengungakpkan bahwa dari segi  perolehan laba di 2 tahun terahir alami  meningaktkan  laba  LPd  tahun 2018 mencapai Rp 902,1 juta, sedangkan tahun 2019 naik Rp 1 miliar ada kenaikan sebesar 10% lebih  lalu kemudian dana pembangunan tahun 2018 Rp 180 juta sedangkan tahun 2019 meningkat yang kita serahkan ke Desa adat mencapai Rp 200 lebih  Disamping itu, LPD Nyuhtebel  juga menyalurkan dana sosial dalam bentuk dana motivasi kepada seka teruna truni  masing-masing Banjar  kita juga menyerahkan dana Punia pada karya yang akan desa adat laksanakan pada bulan Juli  tahun 2020, pemangku, pecalang serta organisasi di Desa adat, semua yang kita berikan itu sebagai bentuk perhatian LPD atas kepercayaan masyarakat Nyuhtebel.

Lebih lanjut Tirta  juga memaparkan, pencapaian hingga akhir tahun 2019, yaitu dari sisi aset LPD Desa Adat Nyuhtebel sudah mencapai Rp 31,8 miliar. Jumlah tersebut mengalami peningkatan 20 persen dari tahun sebelumnya (2018) yang mencapai Rp 29,7 miliar.Kepemilikan aset didukung oleh dana pihak ketiga (DPK) beruapa tabungan ( sepelan,) dan Deposito ( Sesepelan)  yang mampu dihimpun LPD Desa Adat Nyuhtebel hingga akhir tahun 2019  Rp 26 miliar sedangkan Kredit yang sudah tersalur ke masyarakat  mencapai Rp 23,2 miliar dengan jumalh penabung secara keseluruhan 2.606 orang yang tersebar di tiga Banjar adat  ungkapnya.

Meski pertumbuhan secara umum sangat positif tentunya semua berkat dukungan selruh masyarakat Nyuhtebel serta tokoh tokoh masyarakat yang telah memberikan kepercayaan penuh pada LPd di mana Danya tetap setia di kelola  pihaknya mengaku masih banyak hal yang harus diperbaiki. Diantaranya bagaimana memperbaiki kualitas dari produk yang dimiliki. "Seperti halnya para debitur kita masih banyak yang belum paham 100 persen arti kewajiban yang harus dilakukan terkait dengan apa yang diterima, fasilitas kredit misalnya. Ini yang kita harapkan kepada masyarakat untuk lebih optimal," ungkapnya.


Sementara itu,  Bendesa Adat Nyuhtebel, I Ketut Mudra, mengatakan sangat mengapresiasi serta bangga atas  kontribusi LPD Desa Adat Nyuhtebel sangat besar kepada Desa adat dan juga  masyarakat, karena LPD menjadi satu-satunya laba pura Desa dan  aset desa adat yang sudah tentunya pendapatannya membantu pembangunan. "Kami juga memanfaatkan dana yang diberikan oleh LPD untuk pelaksanaan kegiatan Tri Hita Karana mulai dari parhyangan (piodalan di Pura Kahyangan Tiga),  pawongan dari dana sosial LPD yang membantu berbagai kegiatan seka teruna, banjar hingga punia kepada pemangku. untuk itu Mudra  berharap pada seluruh masyarakat Nyuhtebel agar tetap memberikan kepercayaan penuh pada pengelolaan dana Krama tetap  di LPd karena nantinya setiap tahunya akan di kembalikan lagi ke desa adat dan juga masyarakat  imbuhnya.

Sementara itu, Made Mastiawan, selaku ketua BKS LPD kabupaten Karangasem, Menamabhkan sangat  mengapresiasi positip atas pelaksanaan LPJ tahun Buku 2019 yang mana kewajiban LPd untuk melaporkan kapada masyarakat terjadap dana yang di kelola LPd selama satu tahun, di samping itu pula kita mengucpakan terimaksih atas pertisipasi LPd Nyuhtebel pada pembangunan Gedung BKS pada tahun 2020 semoga dengan semangat persatuan dan kebersamaan kita di LPd karangasem bisa memwujudkan pembangunan gedung Baru BKS LPd tandasnya.

Semntara, I Nyoman Sedana Ariana, selaku Koordinator LPLPD Kabupaten Karangsem Menamabhkan sangat  menyambut baik adanya pelaksanaan LPJ karena ini telah sesuai dengan Perda LPd tahun 2017, dari segi kesehatan di mana LPd Nyuhtebel berkategori sehat dengan nilai 82,95% sedangkan dari  peringkat LPd di kecamatan Manggis LPd Nyuhtebel menduduki peringkat ke -4 besar  dari 19 LPd yang ada sedangkan di kabupaten Karangasem menduduki peringkat ke- 16 besar dari 190 LPD tentunya ini pencapian serta prestasi yang membanggakan sehingga kedepannya dapat terus di pertahankan sehingga semakin menambah kepercayaan Krama pada LPD. (yes)


TAGS :

Komentar