LPD Lebu Serahkan Dana Upacara Rp 33,6 Juta

  • 02 Maret 2020 00:00 WITA

Amlapura, BaliBanknews -

Lembaga adat seperti LPD dalam keberadaan di Desa Adat selalu memberikan kontribusi secara langsung terutama terkait pelaksanaan Upacara di desa adat. Seperti LPD Desa Adat Lebu yang ada di  kecamatan Sidemen setiap tahunya tidak kurang dari Rp 33,6 juta dana LPD di gelontorkan ke Desa adat untuk menunjang tetap ajegnya adat budaya serta memberikan subsidi  upacara di Desa Adat Lebu, demikian terungkap ketika pada, Selasa, 4/2/2020 LPD Lebu melaksankan LPJ Tahun Buku 2019 di samping dana upacara juga di serahkan dana pembangunan ke Desa Adat sebesar Rp 38 juta, bertempat di Bele Banjar Lebu Gede. 

Pemucuk LPD Lebu, I Nengah Dana  ketika di temui BaliBanknews hari ini mengungkapkan bahwa dana upacara yang kita serahkan tersebut terdiri dari untuk mensubsidi upacara Ngesange nilianya Rp 20 juta, kemudian kita juga memberikan subsidi piodlan di pura kayangan tiga masing masing Rp 1 juta sebanyak 12 Pura Kayangan, kemudian kita juga memberikan dana Ngaro di 5 Banjar adat masing masing Rp 2,5 juta,  kita juga menspot keberadaan muda mudi di 5 Banjar adat sedangkan untuk dana pembangunan yang kita serahkan ke Desa adat kita serahkan sepenuhnya ke Desa Adat pengelolaanya imbuhnya.

Lebih lanjut Dana menambahkan dari segi aset LPD tahun 2018 Rp 6,5 miliar sedangkan tahun 2019 naik menjadi Rp 8,5 miliar ada kenaikan 30,41% kemudian laba LPd tahun 2018 Rp 110 juta kemudian tahun ,2019 naik menjadi Rp 190 juta ada kenaikan 25,28% dana pembangunan tahun 2018 Rp 22 juta sedangkan tahun 2019 naik menjadi Rp 38 juta ada kenaikan 72,83% atas pencapian yang positif ini tentunya selaku pengelola LPD mengucpakan terimaksih pada seluruh masyarakat Lebu serta Badan pengawas LPD  yang selama ini telah mempercayakan dananya tetap di LPD.

"Kedepanya kita akan terus berusaha memberikan pelayanan yang terbaik pada Krama Lebu dan juga para nasabah LPD  sehingga hadirnya lembaga adat ini akan mampu  memberikan asas manfaat pada desa adat dan juga masyarakat Lebu," ujarnya.

Sementara itu, I Wayan Darmanta,   selaku Bendesa Adat Lebu  yang juga sekaligus Ketua Pengawas LPD  mengungkapkan LPD Lebu mampu tumbuh positif dan juga bangga atas begitu besarnya manfaat yang sudah diberikan LPD, khususnya dana subsidi.

"Kami di desa adat merasakan manfaat LPD. Mewakli masyarakat Lebu mengucpakan terimaksih pada seluruh stafnbeserta pimpinan LPD," ucapnya.

Darmanta berharap pada masyarakat Lebu agar tidak ragu dan juga takut dalam menempatkan dana di LPD karena setiap tahunya akan dikembalikan lagi ke Desa Adat dan Krama Lebu.


Sementara, I Nyoman Sedana Ariana, selaku Koordinator LPLPD Kabupaten Karangsem mengapresiasi positif pelaksanaan laporan.pertanggungjawaban sudah tepat waktu.

"LPD Lebu dari hasil penilaian kita di LPLPD berkategori sehat. LPD Lebu  di Kecamatan Sidemen masuk peringkat 8 besar dari 17 LPD, sedangkan di Kabupaten Karangasem  masuk peringkat ke-38   dari 190 LPD," ucapnya.

Sedana    berharap kepada LPD Lebu    agar bisa tetap mempertahankan Kinerja yang sudah baik ini sehingga pelaksanaan LPJ tepat waktu akan berimbas terhadap kepercyaan masyarakat semakin meningkat pads laba pura Desa  pungkasnya.( Yes)


TAGS :

Komentar