Tingkatkan Pelayanan, LPD Kesiman Resmikan Gedung Baru serta Launching ATM LPD

  • 26 Juli 2020 00:00 WITA
Penandatangan prasasti sebagai tanda peresmian gedung kantor baru LPD Kesiman, Sabtu (25/7/2020)

Denpasar, balibanknews.com

Guna meningkatkan pelayanan kepada krama selaku nasabah, Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Kesiman memperluas area pelayanan. Peresmian gedung kantor baru tersebut dihadiri oleh Wakil Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara pada Sabtu (25/7/2020). Selain peresmian gedung pada kesempatan yang sama juga diluncurkan ATM LPD dan perayaan hari jadi LPD yang jatuh pada 4 Mei 2020 lalu.

Pemucuk LPD Kesiman I Wayan Rayun mengatakan, peresmian diawali dengan menggelar upacara Pecaruan Wraspati Kalpa dan Pemelaspasan. Gedung ini merupakan perluasan dari gedung sebelumnya, dibangun di atas lahan seluas 4 are lebih dengan menghabiskan dana Rp5 miliar sudah termasuk untuk dana aksesoris, kelengkapan kantor, pembangunan pintu masuk atau candi bentar, dan biaya upacara. Dana pembangunan sepenuhnya berasal dari dana LPD. Adanya gedung baru ini diharapkan semakin menguatkan kerjasama antara LPD, krama (masyarakat) dan desa adat.

“Upacara Pecaruan tersebut bertujuan untuk melakukan pembersihan pada area bangunan lama untuk mendapatkan semangat baru dalam memberikan pelayanan kepada nasabah. Perluasan gedung sepenuhnya bertujuan untuk meningkatkan pelayanan sekaligus sebagai bukti besarnya peran serta krama dalam membangun LPD baik sebagai penabung, deposan, atau peminjam,’’ ujarnya.

Terlihat kantor pelayanan baru tersebut tampil lebih elegan dengan mengusung konsep modern minimalis. Dengan bentuk yang lebih representatif dengan fitur keamanan yang memadai tentunya keberadan data dan dana nasabah akan lebih aman. Dalam bangunan baru tersebut seluruh ruangan juga tertata dengan baik mulai dari ruang meeting, aula, hingga ruang arsip dengan keamanan yang berlapis.

Selain upacara peresmian, dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara juga diminta untuk meresmikan peluncuran ATM LPD Kesiman. ATM LPD tersebut hadir tanpa kartu atau berteknologi M-Pise Digital. Hadirnya ATM LPD tentu saja akan meningkatkan kualitas pelayanan terutama ketika nasabah membutuhkan dana dengan cepat dan setiap saat.

Jaya Negara mengatakan, hadirnya LPD di setiap desa adat di Bali memiliki peran sangat signifikan untuk membantu perekonomian krama. Ia mencontohkan dalam situasi sulit seperti saat ini, LPD tetap memberikan dukungan penuh kepada masyarakat, sehingga ekonomi kerakyatan tetap berputar. Ia pun sangat mengapresiasi langkah-langkah yang diambil LPD Kesiman dalam meningkatkan pelayanan kepada krama adat.

“Kami sangat apresiasi atas kinerja LPD Kesiman, bahkan LPD ini telah menjadi salah satu LPD terbaik di Bali. Gedung baru dan ATM LPD adalah salah satu bentuk pelayanan yang berbasis IT, kedepan diharapkan dukungan krama lebih besar lagi sehingga LPD makin berkembang,” ujarnya.

Hingga 30 Juni 2020 jumlah aset LPD Kesiman mencapai Rp306 miliar, tabungan Rp94 miliar, deposito Rp161 miliar, dan kredit Rp181 miliar dengan keuntungan yang diraih Rp4,3 miliar per semester satu. Acara peresmian tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Denpasar, Pengurus BKS LPD Bali dan BKS LPD Denpasar, perwakilan LPD, Prajuru Bendesa, tokoh masyarakat serta Kelian Banjar. Pada Sabtu malam (25/7/2020) acara juga dilanjutkan dengan menggelar gala dinner bersama krama selaku nasabah sembari merayakan hari jadi LPD Kesiman ke-29 dan pembagian sejumlah doorprise menarik kepada nasabah. [Mdy]


TAGS :

Komentar