Ditengah Pandemi Covid-19 Aset LPD Duda Tumbuh Mencapai Rp 120 Miliar

  • 28 Juli 2020 00:00 WITA
-

Karangasem, Balibanknews-

Meskipun pandemi global mulai merebak pada tahun 2020 ini, kinerja Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Bali masih menunjukkan tren positif. Pasalnya, salah satu LPD yang ada di Kabupaten Karangasem pada tahun ini mencatatkan peningkatan aset yaitu LPD Adat Duda. 


Pemucuk LPD Duda, I Wayan Suyasa saat ditemui Balibanknews pada Senin (27/7/2020) mengungkapkan, aset LPD Adat Duda terus tumbuh. Hingga Juli ini, aset tercatat mencapai Rp 120 miliar dengan laba Rp 1,1 miliar.


"Memang awalnya, sebelum pandemi Covid-19 menyebar di Bali untuk target laba Rp 2,9 miliar. Namun setelah wabah Covid-19 menyebar di Bali sejak Maret 2020 lalu, lewat Prejuru dan pengawas maka laba LPD ada perubahan," ungkapnya. 


Dikatakan Suyasa, semenjak wabah Covid-19 terkonfimasi di Bali, kondisi ini mempengaruhi perekonomian masyarakat. Para pekerja banyak yang dirumahkan, begitupun beberapa sektor usaha tidak berjalan seperti pariwisata karena tidak ada kunjungan wisatawan. 


"Kondisi tersebut menyebabkan hampir 80% kredit di LPD hanya dibayarkan bunga saja. Jadi tidak bayar pokok ini juga telah sesuai dengan instruksi Gubenur Bali untuk memberikan relaksasi kepada Krama," ucap Suyasa. 


Hal tersebut kata dia yang memicu apa yang ditargetkan dari awal tidak tercapai. "Laba tidak tercapai karena LPD Duda mengikuti anjuran Gubernur Bali untuk memberikan relaksasi. Kami juga mengucapkan terimakasih atas kepercayaan seleruh masyarakat Duda atas kepercayaan yang telah menempatkan dananya di LPD," katanya.


Sementara itu Bendesa Adat Duda, I Komang Sujana, S.Ag mengapresiasi kinerja LPD Adat Duda yang mampu meningkatkan kualitas aset ditengah pandemi Covid-19. Meskipun target laba belum terpenuhi, namun pihaknya mendukung langkah LPD Duda dalam memberikan keringanan pembayaran kredit di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. "Kami harapkan di era baru ini LPD dapat tetap meningkatkan kepercayaan Krama," ucapnya. (Yes)


TAGS :

Komentar