Koperasi Kuta Mimba Targetkan 10.000 Anggota Gunakan KM Mobile

  • 29 Juli 2020 16:00 WITA
I Nyoman Widya Arta.

Mangupura, BaliBanknews -
Sejak tahun tahun 2016 Koperasi Kuta Mimba telah melakukan tranformasi menjadi koperasi modern melalui layanan KM Mobile (Kuta Mimba Mobile). Koperasi Kuta Mimba juga sudah mengembangkan virtual account baik yang sifatnya internal maupun terintegrasi dengan Bank Permata, dan bulan Juni yang lalu juga sudah terintegrasi dengan  virtual account Bank BPD Bali. Semua account sudah berbasis QR Code bahkan sudah mengembangkan metode bayar melalui scan QR Code melalui Kuta Mimba Mobile.

Hal itu menunjukan Koperasi yang berdiri tahun 1983 ini telah memikirkan bagaimana memberikan pelayanan yang cepat, tanpa uang tunai dan lebih transparansi dalam bentuk transaksi non tunai.

"Kemajuan teknologi saat ini. Menuntut kita semakin kreatif, apalagi disaat pendemi Covid-19. Jauh-jauh hari Koperasi Kuta Mimba telah memiliki virtual account," ucap Ketua Koperasi Kuta Mimba, I Nyoman Widya Arta, saat ditemui, beberapa waktu lalu di Kuta.

Widya Arta mengatakan, Koperasi Kuta Mimba yang memiliki anggota dan calon anggota mencapai 19 ribuan ini ingin mewujudkan kesejahteraan anggota. Berkonsep bagaimana menghubungkan antar anggota dalam memenuhi kebutuhannya untuk bertransksi di usaha atau merchant milik anggota yang tentu berdampak terhadap kesejahteraan anggota serta kemajuan dan penguatan Koperasi Kuta Mimba.

"Ini gagasan kita, bagaimana merchant anggota yang saat ini sudah mencapai hampir 300 merchant kita fasilitasi dengan transaksi non tunai melalui Kuta Mimba Mobile yakni KM-PAY," ujarnya.

Kuta Mimba Mobile sendiri memilki banyak fitur, baik untuk melakukan cek informasi saldo, mutasi rekening, pembelian/pembayaran kebutuhan sehari-hari (GRABOVO, GOPAY, Pulsa/Paket Data, Telkom, PLN Token/Pascabayar, PDAM, BPJS Kes), melakukan transfer antar sesama rekening/bank, dan fitur autodebet untuk segala kebutuhan anggota dan nasabah calon anggota.

"Dalam aplikasi Kuta Mimba Mobile juga menampilkan merchant-merchant yang sudah mendaftar. Kita ingin tumbuhkan fanatisme koperasi, apapun yang digerakan koperasi untuk menjaga keajegan koperasi," ucapnya.

Sehingga antar anggota bisa bertransasksi di tempat usaha anggota lainnya. Bahkan memotivasi anggota lainnya juga untuk membuka usaha, sehingga ekonomi anggota terbangun dan koperasi makin kuat. 

"Bahkan penjual canang yang juga anggota Koperasi Kuta Mimba sudah memiliki KM -PAY," ungkapnya. 

Upaya pengurus dan manajemen tidak terhenti untuk terus membantu memajukan merchant yang sudah terdaftar  sebagai merchat di Koperasi Kuta Mimba.

Saat ini telah diupayakan rancangan kerja sama untuk menggunakan QRIS Bank Permata untuk meningkatkan penjualan merchant melalui transaksi mobile bank lain dan aplikasi pembayaran seperti OVO, GOPY, Dana dan lain-lain. 

Kedepan ia berharap penggunaan Kuta Mimba Mobile bisa lebih luas menjangkau anggota dan anggota memanfaatkan dengan maksimal fitur-fitur yang ada. (jhon)


TAGS :

Komentar