Kabar Menggembirakan dari LPD Subamia Mampu Mencatatkan Kinerja Positif dengan Aset Rp 14,6 Miliar

  • 30 Juli 2020 00:00 WITA
-

Tabanan, Balibanknews-

Kinerja Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Bali masih menunjukkan tren positif ditengah goncangan pandemi Covid-19. Hal ini dikarenakan kinerja LPD yang tetap mempertahankan kepercayaan Krama/warga. Peningkatan kinerja di masa Covid-19 dialami oleh salah satu LPD yang ada di Kabupaten dengan Julukan Lumbung Beras yaitu LPD Subamia. Dimana pada tahun ini LPD Adat Subamia mencatatkan peningkatan aset yaitu  mencapai Rp 14,6 miliar


Pemucuk LPD Subamia, IB Kade Surya Putra saat ditemui Balibanknews, Kamis (30/7/2020) mengungkapkan, ditengah melemahnya perekonomian global dikarenakan dampak Covid-19 aset LPD Adat Sumbamia mengalami pertumbuhan. Selain itu, hingga akhir Juli ini laba mencapai Rp 230 juta.


Menurutnya, sejak wabah global ini terkonfirmasi di Bali, perekonomian masyarakat menjadi terpuruk. Para pekerja banyak yang dirumahkan, begitupun beberapa sektor usaha tidak berjalan seperti pariwisata karena tidak ada kunjungan wisatawan. Namun keadaan itu tidak memengaruhi kinerja LPD yang merupakan lembaga milik desa adat. 


"Kondisi tersebut tidak terlalu berpengaruh terhadap kinerja LPD khususnya pembayaran kredit di krama, yang terdampak hanya di sektor pariwisata saja. Terutama masyarakat kita yang hanya bekerja di sektor itu saja yang terpengaruh," bebernya.


Meskipun demikian, kata dia, LPD Subamia tetap memberikan keringanan pembayaran kredit di LPD. Sehingga secara umum sekitar 20% saja masyarakat yang hanya membayar bunga. Sedangkan 80% Krama masih bisa melakukan pembayaran kredit baik bunga maupun pokoknya.


Ini menunjukkan tingginya kasadaran Krama Subamia akan kewajibannya di LPD. "Disamping itu sektor pertanian yang merupakan mata pencaharian masyarakat kita masih normal. Tentunya kita selaku lembaga mengucapkan terimakasih atas kepercayaannya pada LPD," imbuh Surya Putra.  


Kesadaran masyarakat inilah menurut dia  berimbas terhadap pencapaian laba LPD yang terus meningkat. "Dimana hingga akhir bulan Juli, laba LPD yang sudah dapat kita bekukan sudah mencapai Rp 230 juta. Sisa lagi 5 bulan ke depan sesuai dengan rencana kerja kita di mana kita merencanakan laba LPD hingga akhir tahun 2020 sebesar Rp 450 juta," terangnya.


Surya Putra pun mengaku optimis dengan dukungan dan kepercayaan serta partisipasi seluruh masyarakat Subamia, LPD ini pasti bisa mencapai laba sesuai target. "Kami juga mengucapkan terimakasih atas kepercayaan seleruh masyarakat Subamia atas kepercayaan yang telah menempatkan dananya di LPD," katanya.


Sementara itu Bendesa Adat Subamia, I Made Sridana, S.Ag, M.Pd sangat  mengapresiasi kinerja LPD Adat Subamia  yang mampu meningkatkan kualitas aset dan juga laba ditengah pandemi Covid-19. Apalagi hingga Juli 2020 laba telah tercapai. "Tentunya kita selaku bendesa adat dan juga atas nama masyarakat Subamia mengucapkan terimakasih atas kerja keras pimpinan dan juga karyawan LPD yang sudah bisa bahu membahu  menunjukkan kinerja yang luar biasa," katanya.


Ia berharap pada seleruh Krama Subamia agar tetap memberikan kepercayaan penuh pada pengelolaan dananya tetap di LPD. Namun pihaknya mendukung langkah-langkah LPD Subamia dalam memberikan keringanan pembayaran kredit di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.


"Kami harapkan di era baru ini LPD dapat tetap meningkatkan kepercayaan Krama sehingga wabah ini cepat berlalu harap Sridana. (Yes)


TAGS :

Komentar