Jelang Galungan, LPD Adat Macang Sediakan Dana Likuiditas Hingga 40 Persen

  • 07 September 2020 16:00 WITA

 

 


Karangasem, balibanknews.com

Lembaga Perkreditan Desa (LPD) masih tetap menunjukkan kinerja yang baik walaupun saat ini sedang menghadapi krisis globa karena dampak penyebaran virus Corona (Covid-19). Keberadaan lembaga milik Krama/warga adat ini patut diapresiasi mengingat dalam kondisi pelemahan ekonomi, LPD tetap eksis memberikan layanan kepada Krama Bali.


Begitupun menjelang Hari Suci Galungan dan Kuningan, LPD senantiasa menyediakan dana likuiditas sebagai bentuk pelayanan kepada Krama. Demikian disampaikan Pemucuk LPD Adat Macang, Ir. I Komang Suta yang berada di Kecamatan Bebandem Kabupaten Karangasem kepada Balibanknews, Selasa (8/9/2020). 


Sebelum Covid-19, LPD Adat Macang telah menyiapkan dana likuiditas 25%. Namun pada saat pandemi global ini menyebar di Bali dana likuiditas yang disiapkan bertambah hingga 40%. Ia berharap pandemi ini segera dapat diatasi, sehingga dapat membangkitkan kembali perekonomian Krama. 


Saat ini, mata pencaharian Krama Adat Macang terkena imbas Covid-19. Keadaan sekarang sungguh memprihatinkan, karena masyarakat yang menggantungkan hidupnya di pariwisata telah kehilangan pendapatan. Meskipun Pemerintah Provinsi Bali telah membuka kembali pariwisata untuk kunjungan domestik, namun belum mampu memulihkan perekonomian Krama seperti sedia kala. 


Guna membantu meringankan beban Krama yang ekonominya terdampak langsung Covid-19, LPD Macang pun memberikan relaksasi kredit. "Kami di LPD tahu situasi sekarang ini yang dialami Krama, maka LPD memberikan kebijakan keringanan pembayaran kredit," kata Suta. 


Ia menyebutkan, aset LPD Macang saat ini tercatat Rp 27 miliar dengan target Rp 30 miliar hingga akhir tahun 2020. Sedangkan laba yang tercapai Rp 300 juta lebih. Pihaknya pun mengaku optimis laba LPD Macang bisa tercapai maksimal Rp 500 juta pada akhir tahun 2020. "Kami akan bekerja lebih ekstra untuk mencapai target laba dan aset hingga akhir tahun nanti," ucapnya. 


Sementara itu, I Wayan Eka Arjawa yang merupakan Bendesa Adat Macang mendukung kinerja LPD hingga akhir tahun dapat memenuhi target. Meskipun masih dalam kondisi ekonomi yang belum normal. Ia juga mengapresiasi kebijakan LPD Macang yang memberikan keringanan pembayaran kredit kepada Krama yang ekonominya terdampak Covid-19. "Kami berharap LPD dapat semakin meningkatkan kinerja pada situasi saat ini," katanya. [Yes]


TAGS :

Komentar