Koperasi Sari Sedana Optimis Catatkan Tren Kinerja Positif Selama Pandemi

  • 06 Oktober 2020 00:00 WITA

Amlapura, Balibanknews -

Di masa pandemi Covid-19, koperasi masih menunjukkan tren pertumbuhan yang positif. Seperti yang dicapai Koperasi Sari Sedana sejak Pulau Bali dilanda Covid-19, tampaknya tidak signifikan mempengaruhi kinerja koperasi. Ketua Koperasi Sari sedana, I Kadek Oka Astika, S.E kepada Balibanknews Selasa (6/10) menyampaikan transaksi di Koperasi Sari Sedana yang berada di Selat, Kabupaten Karangasem saat ini masih tetap berjalan normal. 

Ia menyebutkan, kredit yang sudah tersalur hingga September 2020 tercatat Rp 53 miliar, sedangkan aset Rp 68 miliar. "Kami optimis berkat dukungan para anggota target kerja yg kita revisi di semester I bisa kita capai," katanya 

Koperasi ini juga mengikuti program dari Kementerian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia bagi anggota koperasi yang ekonominya terdampak langsung wabah Covid-19 diberikan subsidi bunga kredit lebih murah dan mudah. "Program tersebut bulan ini bisa kita realisasikan di koperasi," ucap Oka.

 

Ditengah Covid-19, Koperasi Sari Sedana memberikan kemudahan layanan transaksi kepada anggota dengan memberikan fasilitas anjungan tunai mandiri (ATM). "Program lainnya yang kami rancang adalah di akhir tahun 2020 Koperasi Sari Sedana akan meluncurkan ATM bersama LPD. Semoga bisa terealisasi akhir tahun 2020 ini," harapnya. 

Oka menyebutkan, Koperasi Sari Sedana memiliki anggota 2600 lebih. Anggota yang pendapatannya/usahanya terdampak langsung Covid-19 diberikan kesempatan untuk penjadwalan ulang, kemudian restrukturisasi/keringanan pembayaran kredit, penambahan modal bagi yang punya potensi usahanya berjalan dan penundaan pembayaran jika tidak ada perekonomian yang bergerak di usaha anggota. 

"Jika anggota tidak ada omzet masuk maka diberikan penundaan pembayaran kredit selama 3 bulan hingga 6 bulan tidak ada denda. Kami juga telah memberikan bantuan paket sembako kepada anggota yang terdampak Covid-19. Sekarang dana sosial kita pakai untuk bantuan sembako kepada beberapa anggota yang dikarantina dan positif Covid-19," bebernya.  

Ia mengakui secara umum kinerja Koperasi Sari Sedana berjalan baik, hanya saja karena Covid-19 dari sisi target berpengaruh. Meskipun demikian pihaknya tetap menjaga nasabah/anggota yang sudah ada dengan memberikan berbagai kemudahan dan menyediakan dana likuiditas 25%. 

"Kondisi masih normal belum ada penarikan besar-besaran bahkan grafiknya sejak awal Covid-19 hingga sekarang deposito naik. Walaupun memang kita turunkan dari sisi bunga tabungan berjangka. Bunga kredit juga turun untuk menggairahkan usaha anggota," imbuhnya. (Yeh es)


TAGS :

Komentar