HUT ke-29 LPD Sukawati, Krama Tukar Sampah Plastik dengan Beras dan Sayuran

  • 12 Oktober 2020 00:00 WITA

Gianyar, balibanknews.com

Serangkaian Hari Ulang Tahun Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Sukawati yang ke-29 digelar berbagai kegiatan seperti pasar murah untuk menyambut Hari Raya Kuningan pada September 2020 lalu, agar warga dapat membeli buah dengan harga murah. Selain itu juga melakukan kegiatan menukar sampah plastik dengan beras dan sayuran bekerja sama dengan Bank Sampah Desa Sukawati pada Senin 12 Oktober 2020.


Pumucuk LPD Adat Sukawati, I Putu Pande Gede Wirawan, SE saat ditemui Balibanknews mengatakan kurangnya kesadaran masyarakat memilah sampah plastik mulai dari rumahtangga karena dampaknya sangat tidak baik bagi lingkungan. Pihaknya berkeinginan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah sehingga mengadakan kegiatan ini. 


"Program ini dilakukan hanya untuk menyambut HUT. Mungkin akan kami terus  lakukan setahun sekali untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memilah sampah plastik. Kami juga meluncurkan LPD Mobile untuk menunjang transparansi dan efesiensi transaksi untuk nasabah," ucapnya. 


Kata dia terkait kinerja, LPD Sukawati mulai berbenah dari tahun 2016 dimana ketika itu aset lebih kurang Rp 2 miliar. Hingga saat ini aset LPD Rp 14 miliar, laba Rp 330 juta dari rencana kerja Rp 462 juta. Pihaknya optimis target laba bisa tercapai Rp 400 juta. "Peningkatan ini karena adanya kepercayaan bertransaksi dari masyarakat Sukawati," cetus Pande. 


Ia menuturkan pada kondisi saat ini, di masa pandemi terjadi krisis global yang berdampak pada LPD. Meskipun tidak signifikan karena tidak hanya sektor pariwisata saja yang ada di LPD Sukawati juga sektor lainnya yang masih menopang kinerja LPD diantaranya pedagang dan petani. 


"LPD Sukawati menyumbangkan 50% dari dana sosial untuk membantu warga saat pandemi mulai menyebar di Bali dengan pemberian sembako," sebutnya. 


Ia menambahkan, dalam rangka bulan bakti karang taruna tanggal 1 Nopember LPD Sukawati rutin bagi-bagi sembako bagi keluarga miskin. "Ini rutin dilakukan setiap tahun dan saat ini sudah kita lakukan di tahun ketiga," sebut Pande. 


Bendesa Adat Sukawati I Nyoman Suantha didampingi Bendaha Desa Adat Sukawati, I Made Subrata menyatakan bahwa upaya yang dilakukan LPD menunjukkan kinerja positif. Pasalnya LPD mengalami peningkatan jumlah partisipasi Krama/warga. "Kepercayaan Krama sudah jauh meningkat mungkin karena sudah mempercayakan pengelolaan keuangannya di lembaga yang menjadi milik Desa Adat Sukawati ini. Harapan di HUT LPD ke-29 ini supaya LPD ke depan tetap meningkat terkait dengan pengelolaan dan usaha-usaha dilakukan LPD," harapnya. 


Ketua Bank Sampah Desa Sukawati, I Wayan Purwarna mengakui kegiatan yang diinisiasi LPD Sukawati ini mengedukasi masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah di rumahtangga. "Ini merupakan sebuah solusi untuk lingkungan kita bersih," ujarnya. 


Namun ke depan masih diperlukan upaya dan solusi lain untuk dikembangkan lagi seperti penukaran dan memberikan penghargaan kepada masyarakat yang mau memilah sampahnya. "Kita kembalikan sampah itu kembali ke pabriknya untuk diolah supaya bermanfaat untuk didaur ulang. Kami tidak mengolah sampah, cuma membeli sampah masyarakat," katanya. [Yes]


TAGS :

Komentar