LPD Nongan Bantu Krama Korban Tanah Longsor

  • 15 Oktober 2020 00:00 WITA

 

 

Amlapura, balibanknews.com

Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Adat Nongan Kabupaten Karangasem menunjukkan kepeduliannya terhadap keluarga korban bencana alam tanah longsor beberapa waktu lalu. Pemucuk LPD Adat Nongan, I Ketut Mega ketika di temui BaliBanknews pada Kamis, 15/10/2020  menyampaikan bahwa LPD memberikan bantuan kepada Krama/warga yang terkena bencana alam tanah longsor berupa santunan bencana alam di Banjar Saren Kelod, Desa Adat Nongan. 


"Kami membantu karena musibah alam yang tidak dapat ditentukan. Mudah-mudahan tidak terjadi lagi. Kita hadir membantu dalam situasi mendadak. Karena desa adat yang memiliki lembaga kita, apalagi yang kita bantu ini adalah Krama adat kita. Jadi bantuan tepat sasaran," paparnya. 


Masyarakat kata dia memiliki hak untuk dibantu. Jangan memandang nilainya, lihatlah tujuannya. Santunan tersebut diserahkan kepada keluarga almarhum Dadong Windia yang diterima cucunya I Wayan Sudiawan, pada Selasa, (13/10) didampingi keluarga dan disaksikan langsung oleh Bendesa Adat Nongan.


Ia berharap program ini dapat ditindaklanjuti lewat aturan Perarem di desa adat. Sehingga tidak terjadi permasalahan dikemudian hari. Selain kepada warga yang mengalami bencana alam, LPD Nongan juga memberikan bantuan kepada Krama yang terpapar Covid-19 dengan memberikan bantuan sembako berupa beras 25 kilogram dan lainnya. "Nanti berapa besarnya disesuaikan dengan kemampuan kita di LPD Nongan. Diharapkan Krama lebih yakin terhadap LPD" ucapnya. 


Saat ini aset LPD Adat Nongan sebesar Rp 19,7 miliar dengan laba per September 2020 telah mencapai Rp 400 juta lebih. "Kita optimis bisa capai target laba. Sedangkan kredit yang tersalur Rp 14,7 miliar dan dana likuiditas yang kita siapkan mencapai 29,62%," ungkap Mega.


Dari dana likuiditas yang disiapkan itu menunjukkan pelayanan maksimal diberikan kepada Krama. "Baik tabungan dan juga penarikan kita LPD Nongan sangat siap," tegasnya. 


Bendesa Adat Nongan, I Komang Yadnya mengaku sangat mengapresiasi serta  menyambut baik adanya kepedulian LPD pada Krama yang terkenan bencana alam dan positif Covid-19. "Namun jangan dilihat nilainya. Lihat tujuan dan ketulusan serta niat tulus dari  kepedulian  bantuan yang diberikan LPD" kata Yadnya. (Yes)

 


TAGS :

Komentar