Aset dan Laba LPD Bebalang Makin Meningkat Berkat Krematorium Bebalang

  • 26 Oktober 2020 00:00 WITA

 

 

Bangli, balibanknews.com

Kehadiran Krematorium Bebalang di Kabupaten Bangli ternyata mampu meningkatkan aset Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Bebalang. Pasalnya sebelum ada krematorium tersebut, aset LPD Bebalang tercatat hanya Rp 4,1 miliar. Kemudian tumbuh menjadi Rp 5,1 miliar hingga Oktober 2020. 


Demikian diakui Pemucuk LPD Desa Adat Bebalang, I Nengah Jerman saat ditemui Balibanknews di LPD setempat, Senin (26/10). Disampaikan bahwa Krematorium Bebalang sudah ada sejak 2 tahun lalu. Ketika itu aset LPD Bebalang Rp 4,1 miliar. "Saat ini aset LPD Bebalang mencapai Rp 5,1  miliar," sebutnya.


Menurut Jerman, aset saat ini melampaui target Rp 4,9 miliar. "Pertumbuhan aset tersebut didorong oleh keberadaan Krematorium Bebalang selama 2 tahun ini," kata Jerman. 


Ia menuturkan, laba LPD Bebalang tahun ini sudah mencapai Rp 102 juta dari target hingga akhir tahun 2020 Rp 100 juta. "Target laba kita tercapai. Ini berkat kepercayaan Krama/warga meskipun masih dalam pandemi Covid-19," ucapnya. 


Jerman menjelaskan, keberadaan Krematorium Bebalang dikelola oleh yayasan namun lahannya adalah milik Desa Adat Bebalang. "Pegawai yayasan ada yang difasilitasi kredit oleh LPD Bebalang mulai Rp 1 juta sampai Rp 5 juta tergantung kebutuhan. Kalau ada pembakaran mayat nanti dananya masuk ke banjar senilai Rp 1 juta per kepala dan parkir juga masuk ke desa adat. Kemudian nanti dana ini ditempatkan di LPD," terang Jerman. 


Di masa pandemi ini LPD Adat Bebalang juga memberikan keringanan kepada nasabah kredit dengan membayarkan bunga tanpa diberikan denda. "Memang ada masyarakat yang menyampaikan kesulitan untuk membayar kredit karena masa sulit ditengah pandemi," katanya. 


Harapan kepada masyarakat Bebalang agar kepercayaan semakin tumbuh dengan sinergi bersama sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan desa adat. Sementara itu Sang Putu Seteja, selaku Bendesa Adat Bebalang sangat mengapresiasi atas kinerja LPD Bebalang yang selama dua tahun ini terus meningkat.


"Apalagi dengan adanya Krematorium Bebalang aset LPD terus meningkat. Ini dikarenakan dana banjar adatnya di tempatkan di LPD. Untuk itu kita berharap kerja sama ini dapat terus terjalin dan hadirnya LPD akan lebih menambah tingkat kesejahteraan masyarakat Bebalang," imbuhnya. [Yes]


TAGS :

Komentar