LPD Desa Adat Banjar Anyar Segera Tempati Gedung Baru di Tahun 2021 

  • 19 November 2020 00:00 WITA

 

 


Tabanan, balibanknews.com

Pelemahan ekonomi akibat penyebaran pandemi Covid-19 tampaknya tidak mempengaruhi prestasi yang ditorehkan Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Bali. Pasalnya pada momen wabah global ini sejumlah LPD mampu menyelesaikan pembangunan gedung baru. 


Satu per satu LPD di Kabupaten Tabanan mulai membuktikan diri dengan kahadiran gedung baru seperti di LPD Desa Adat Banjar Anyar di Kecamatan Kediri, Tabanan. LPD ini pada awal tahun 2021 akan memiliki gedung baru senilai Rp 1,2 miliar. 


Pemucuk LPD Adat Banjar Anyar, I Nyoman Subagiartha, SE, M.Si., mengatakan di masa pandemi pengurus LPD secara rutin datang mengunjungi 5 banjar yang ada di adat setempat. Hal ini bertujuan lebih meyakinkan dan menumbuhkan rasa memiliki Krama/warga terhadap LPD.

 

"Program terbaru kita di LPD di tahun 2021 yakni akan lebih meningkatkan kontribusi kita di setiap Piodalan. Dimana yang sebelumnya biasanya Rp 2,5 juta setiap ada Piodalan di Pura Kayangan Tiga, kita tingkatkan menjadi Rp 3 juta," jelasnya kepada BaliBanknews, Kamis (19/11/2020).


Kata Subagiartha, di Desa Adat Banjar Anyar sendiri ada 4 Pura yakni 3 Pura Kayangan Tiga dan 1 Pura Dang Kayangan yaitu Pura Gede Bingin Ambe. "Dana yang kita siapkan sebesar Rp 24 juta. Kita juga di LPD sudah bisa membiayai penuh Upacara Tawur Agung atau Tawur Kesanga atau setiap Pengerupukan dengan nilai biaya Rp 10 juta. Belum lagi ditambah dana pembangunan sebesar 20% dari laba LPD setiap tahunnya. Kira-kira dalam satu tahun total dana yang kita salurkan setahun ke desa adat mencapai Rp 150 juta," bebernya. 


Saat ini aset LPD hingga Oktober mencapai Rp 10,5 miliar dengan target Rp 11 miliar. Laba LPD juga hingga Oktober sudah mencapai Rp 469 juta dari target Rp 549 juta. Pihaknya mengaku optimis dengan kerja keras pengurus LPD dan didukung penuh masyarakat Banjar Anyar, laba bisa capai Rp 500 juta. 


Subagiartha memaparkan gedung LPD menghabiskan Rp 1,2 miliar. Pemlaspasan gedung baru ini akan dilakukan pada tanggal 13 Januari 2021 tepatnya Tilem Kepitu Buda Wage Kelawu. "Saat ini gedung LPD dalam pengerjaan sudah mencapai 90%," ucapnya.  

 

Bendesa Adat Banjar Anyar, I Made Raka mendukung upaya pengurus LPD dalam mewujudkan gedung baru yang lebih nyaman untuk memberikan layanan keuangan kepada Krama. "Kami berharap, Krama Banjar Anyar semakin meningkatkan kepercayaannya kepada LPD dengan memanfaatkan produk-produk LPD. Disamping itu untuk pengurus LPD Banjar Anyar agar terus berupaya meningkatkan kinerja," katanya. [Yes]


TAGS :

Komentar