Berbagai Kontribusi Disumbangkan LPD Desa  Adat Kubutambahan untuk Desa Adat

  • 07 Januari 2021 00:00 WITA

 

 


Buleleng, BaliBanknews


Keberadaan lembaga adat seperti Lembaga Perkreditan Desa (LPD) selalu memberikan asas manfaat yang begitu besar demi tetap ajegnya desa adat dan juga kesejahteraan Krama/warga dimana LPD berada. Salah satunya LPD Desa  Adat Kubutambahan yang ada di Kabupaten Buleleng ini telah mampu memberikan asas manfaat pada desa adat, seperti dalam hal menjaga kebersihan Setra/kuburan. 


Kemudian memberikan kontribusi langsung setiap ada upacara Pengabenan massal yang rutin dilaksanakan desa adat setiap lima tahun sekali dalam bentuk Punia. Dengan total dana yang diberikan sebanyak Rp 170 juta lebih. Demikian disampaikan Pemucuk LPD Kubutambahan, I Nyoman Budiasa, S.E kepada Balibanknews, Kamis (7/1) di kantor LPD setempat saat kegiatan laporan pertanggungjawaban (LPJ) 2020 disertai penyerahan dana pembangunan desa adat tahun 2020 senilai Rp 246.791.617.


Selain itu, kontribusi lainnya yang diberikan LPD Kubutambahan kepada desa adat adalah pemberian sembako untuk beberapa masyarakat yang membutuhkan dan program ini direncanakan akan berkesinambungan di tahun-tahun berikutnya. "LPD Kubutambahan juga turut membantu muda-mudi dalam berkarya pembuatan ogoh-ogoh dan juga kegiatan kesenian yang dilaksanakan di Wantilan Pura Desa Kubutambahan," jelasnya. 


Budiasa menyebutkan, aset LPD Kubutambahan hingga Desember 2020 telah mencapai Rp 25.646.531.779 dengan pembukuan laba hingga Desember mencapai Rp 1.233.958.087. Kata dia, 20% dari laba telah diserahkan kepada desa adat sebagai dana pembangunan desa adat tahun 2020. Dengan dukungan semua masyarakat serta kerja keras pegawai dan juga dukungan pengawas, Desa Adat Kubutambahan telah mencapai laba yang diinginkan. 


"Setiap tahunnya LPD Adat Kubutambahan selalu memberikan kontribusi terhadap pembangunan desa dalam bentuk dana pembangunan sebanyak 20% dari laba LPD. Yaitu kurang lebih Rp 240 juta setiap tahunnya," ungkap Budiasa. 


Pada tahun 2021 ini ia berharap, LPD Kubutambahan semakin baik, kepercayaan Krama kian meningkat begitupun terjadi pertumbuhan laba dan aset. "Sehingga harapan kami, LPD Kubutambahan semakin lebih baik dari tahun 2020," harapnya. 


Drs. Jro Pasek Ketut Warkadia, M.Si selaku Bendesa Desa  Adat Kubutambahan menyampaikan apresiasinya terhadap kontribusi yang telah disumbangkan oleh LPD Kubutambahan kepada desa adat. "Semoga kinerja LPD tahun 2021 ini semakin baik dari tahun-tahun sebelumnya. Begitupun diiringi kepercayaan Krama," katanya. (Yes)

 


TAGS :

Komentar