Rayakan HUT ke-5 Koperasi Jumari Akan Bangun Gedung Baru dan Optimalkan Layanan Digital

  • 05 Februari 2021 00:00 WITA

Gianyar, BaliBanknews -
Kinerja KSP Jujur Utama Mandiri (Jumari) mengalami pertumbuhan. Pencapaian tersebut tidak lepas dari peran anggota. Hal ini diakui Ketua KSP Jujur Utama Mandiri (Jumari), I Putu Oka Suarthana, S.AK saat ditemui Balibanknews, Kamis (4/2). "Karena seberapa pintarnya dalam pengurusan, seberapa mahirnya dalam pengawasan, meskipun itu sangat perlu sekali tanpa adanya dukungan dari anggota, itu tak kan bisa," katanya. 


Kenapa Koperasi Jumari bisa tumbuh sangat pesat di saat situasi seperti ini, terutama dari sisi modal? Karena anggota sudah merasakan asas manfaat. "Kenapa mereka ingin menjadi anggota, manfaat apa yang didapatkan? Nah itulah sudah kita berikan, dan mereka dari masyarakat sudah menyadari. Sehingga rasa tersebut akan tumbuh dari dirinya sendiri," ucap Suarthana.


Ia menceritakan, manfaat yang sangat menonjolkan adalah pemberian santunan apabila anggota meninggal dunia. Hal itu sudah dibuktikan pada anggota yang meninggal dan mendapatkan santunan sejumlah Rp 42 juta. Cukup bermanfaat untuk keluarga apabila melaksanakan Upacara Pengabenan.


Kata dia, terkait situasi sekarang ini pihaknya sangat yakin dan tetap optimis dengan adanya anggota yang memiliki sikap fanatik terhadap Koperasi Jumari, semakin tahun menjadi makin besar serta kian bertumbuh. "Dengan jumlah di angka 815 anggota, itu pertumbuhannya sangat pesat sekali di tahun 2019, karena masyarakat sudah mengetahui, saya yang mendapat manfaat seperti ini karena saya ingin bergabung di KSP Jumari. Karena apa yang anggota atau masyarakat butuhkan itu yang kita bantu," jelasnya.


Ia menguraikan, seperti sekarang ini anggota diberikan bantuan sembako di saat situasi sulit karena dampak dari pandemi Covid-19. Pemberian sembako sudah diberikan kurang lebih sebanyak 3 kali pada anggota. Pada anggota yang membutuhkan pada saat hari raya keagamaan juga tetap diberikan bingkisan berupa sembako. 


Suarthana memaparkan, apabila anggota memiliki simpanan berjumlah Rp 5 juta, maka secara otomatis sudah didaftarkan sebagai keanggotaan BPJS ketenagakerjaan, melalui koperasi. Sehingga kerja sama ini sangat membantu sekali, dan sekarang sudah lebih dari 200 orang yang sudah didaftarkan keanggotaan BPJS. 


"Karena manfaat ini sudah kita buktikan, sudah ada anggota yang merasakan manfaat akibat kecelakaan ataupun meninggal dunia," bebernya. 


Terkait target di tahun 2021 kata dia, pengurus beserta pengawas tidak terlalu muluk-muluk. Mengingat situasi dan kondisi saat sekarang ini karena dampak Covid-19. Namun yang terpenting adalah bagaimana tetap menumbuhkan rasa percaya kepada anggota, karena koperasi itu tumbuh semua berkat anggota. 


Lantas apa yang diharapkan di usia Jumari yang ke-5 ini? Dikatakan Suarthana dengan menyampaikan terimakasih yang sedalam-dalamnya dan setingginya terhadap anggota karena dukungan dan kepercayaan anggota pada hari ini bisa melakukan perayaan hari jadi Jumari yang ke-5.


Sebab, tanpa ada dukungan dari anggota, apapun yang ditargetkan tidak akan bisa berjalan. Ia mengharapkan dukungan ini akan terus ditingkatkan, sehingga tahun demi tahun, Jumari tetap eksis dengan memberikan pelayanan maksimal pada anggota. 


"Apa kiat-kiat yang akan kita lakukan di tahun 2021 terutama dalam mekanisme pelayanan yaitu mengurangi penggunaan kertas. Hampir seluruh transaksi yang sifatnya tanpa memerlukan tanda tangan ataupun bukti dari anggota, anggota tidak mendapatkan bukti transaksi, bagaimana cara anggota bisa mengetahui transaksi yang mereka lakukan, ini fungsi dari Jumari Mobile," jelasnya.


Seluruh pengurus dan pengawas mengimbau semua anggota, bagi yang belum menginstal Aplikasi Jumari Mobile silahkan diinstal, transparansi, akuntabilitas keuangan seluruh anggota ada di aplikasi tersebut. Dengan demikian dapat membantu pemerintah dalam mengurangi penggunaan kertas.


"Kita menjaga lingkungan, ini kita ada kaitannya dengan Tri Hita Karana, hubungan dengan Tuhan, hubungan dengan sesama, yaitu kita memberi manfaat asas terhadap anggota, hubungan dengan lingkungan sekitar, kita tetap menjaga lingkungan agar bisa terkonsep go green," imbuhnya. 


Seperti diketahui KSP Jujur Utama Mandiri telah menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2020 pada Sabtu (16/1/2021) di Kabupaten Gianyar yang mencatatkan pertumbuhan aset. Pengawas KSP Jumari, Nengah Artana Yasa, S.H, mengakui bahwa pihaknya selalu memantau kondisi koperasi dengan mengecek situasi keuangan. Kemudian memantau situasi kinerja Tim Koperasi Jumari.


"Astungkara di saat seperti ini, mungkin satu tahun berjalan, Jumari masih tetap bisa melaksanakan tugasnya, tim masih bekerja seperti biasa, cuma dalam hal ini, pengawasan yang seharusnya dahulu sebelum Covid, kami lakukan 1 bulan sekali. Tapi dalam hal sekarang ada peningkatan untuk pengawasan kepada tim, mungkin 1 minggu kami mengecek," bebernya.


Kemudian mengontrol situasi Koperasi Jumari. Sehingga harapan dari pengawas, Jumari bisa selalu eksis sesuai dengan visi dan misinya untuk melayani kemudian melaksanakan tugasnya, tim selalu bergerak dengan visi dan misinya. 

Lanjut Artana mengatakan, seperti saat sekarang pada ulang tahun Jumari yang ke-5, masih mendapatkan kepercayaan dari anggota.


"Itulah harapan kami sebagai pengawas karena kinerja dari pengurus, ketua kemudian tim bekerja sesuai dengan mengutamakan kujujuran, sehingga akan mendapatkan suatu kemandirian," ujarnya.


Ia menambahkan, rencana tahun 2021 jika nanti sudah ada kesepakatan dari anggota maka akan mengalokasikan dana untuk pembangunan. "Jika seandainya Jumari bisa membangun peningkatan lokasi, aset bangunan itu kan lebih bagus. Kemudian rencananya melakukan pembangunan namun masih dalam tahap rencana. Seandainya nanti situasi normal kembali, ke depannya dana untuk perisapan itu mencukupi, yang jelas pasti disediakan," katanya. 


Selaku pengawas ia berpesan kepada anggota agar selalu memantau kegiatan Jumari dan tetap meningkatkan aset. "Jika punya dana lebih sebagai anggota mungkin timbal baliknya adalah meminjam atau menaruh. Sehingga Jumari akan selalu eksis dan anggota akan selalu menikmati untuk selanjutnya," sarannya.


Ia membeberkan, rencana dari pengurus dan hasil dari rapat pengurus koperasi serta pengawas bahwa rencana di tahun 2021 mengadakan pembangunan gedung baru. Rencana ini tiada lain untuk peningkatan dari kompetensi karyawan kemudian untuk meningkatkan kerja. Pasalnya dengan gedung yang baru, lebih besar maka akan tercipta keleluasaan untuk bekerja. "Kemudian kami mohonkan terhadap anggota semua agar bisa mendukung rencana kami sebagai pengawas dan pengurus. Sehingga rencana pembangunan di tahun 2021 itu akan bisa terlaksana," harapnya. Yes


TAGS :

Komentar