LPD Desa Adat Lumbuan Berkontribusi di Masa Pandemi Lewat Dana Pembangunan

  • 17 April 2021 00:00 WITA

Bangli , BaliBanknews -
Masa sulit akibat dampak dari pandemi Covid19 tidak menyurutkan niat baik Pengurus Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Adat Lumbuan  yang ada di kecamatan Susut Bangli  dalam memberikan kontribusi ke desa adat melalui dana pembangunan. Pasalnya dana ke desa adat sebesar 20% dari laba LPD ini akan membantu pembangunan di desa adat. Hal ini akan mendorong kemajuan di desa adat tersebut. 


Selain tetap memberikan dana pembangunan ke desa adat, LPD Desa Adat Lumbuan  juga telah berkontribusi  pada awal Pandemi berupa  Handsanitizer,  masker serta sembako   tahun 2020 kepada satgas Covid-19  dengan bersinergi dengan desa adat Lumbuan.  meski laba tidak mengalami  penurunan akibat Pandemi   tahun 2020   karena kondisi ekonomi masyarakat yang belum pulih namun LPd  masih mampu bekukan laba ini patut bersyukur.


Saat laporan pertanggungjawaban (LPJ) LPD Adat Lumbuan Tahun Buku 2020 yang berlangsung beberapa waktu lalu  laba lembaga keuangan milik desa adat ini  tetap mampu serahkan dana pembangunan sebesar Rp 32,6 juta. 


Pumucuk LPD Adat Lumbuan , I Wayan  Sudana  didampingi, I Dewa Ayu Made Parwati, selaku Penyarikan LPD Lumbuan serta  I Ketut Mariadi, selaku Petengen LPD Lumbuan   ketika ditemui BaliBanknews, Jumat  (16/4/2021) menyampaikan LPJ sendiri sudah dilaksanakan pada 28/2/2021 lalu dihadiri jumlah masyarakat yang terbatas.


Ia mengungkapkan, aset LPd  tahun buku 2020 sebesar Rp 8,6  miliar. Sedangkan tahun 2019 aset LPD sebesar Rp 9,7 miliar atau ada penurunan  aset sebesar 10 %. Karena pandemi  Selanjutnya laba LPD tahun 2020 mencapai Rp 163  juta lebih. Sedangkan laba tahun buku 2019 mencapai Rp 163  juta atau tetap bertahan   laba akibat Pandemi yang melanda Bali ucapnya Sudana.


Sudana  berharap masyarakat Lubuan  tetap menjaga kesehatan dan protokol kesehatan dan ingat dengan kewajban di LPD. "Kita di masa pandemi akan tetap memberikan kemudahan baik pelayanan serta keringanan pembayaran kredit lewat pembayaran bunga saja serta pokoknya sesuai kemampuan," katanya. 

 

Bendesa Desa Adat Lumbuan  , I Putu Artawa, dampingi I Wayan Subadra serta I dewa Gede Alit yang juga selaku anggota badan pengawas LPd Lumbuan   menyambut baik kinerja yang dicatatkan Pengurus LPD Adat Lumbuan  meski   di masa pandemi tahun buku 2020. meski laba tidak ada  penurunan namun kita memaklumi dan patut Bersyukur.  LPD pun tetap menjalankan kewajibannya dengan menyerahkan dana pembangunan ke desa adat sebesar 20% dari laba. 


"Kami harap LPD Lumbuan  semakin dipercaya Krama/warga sehingga dapat mencapai kinerja yang semakin baik di tahun-tahun ke depannya. Kami di desa adat dan Krama Lumbuan akan  tetap mendukung penuh  LPD," katanya. (Yes)


TAGS :

Komentar