LPD Desa Adat Kayubihi Tetap Eksis di Tengah Pandemi, Berikan Layanan Jemput Bola

  • 19 Juni 2021 00:00 WITA

Bangli, BaliBanknews -
LPD Desa Adat Kayubihi tetap menunjukan eksistensinya dalam melayani krama,  ditengah Pandemi Covid-19, LPD Kayubihi memberikan layanan jemput bola dengan datang langsung ke rumah krama. 

Demikian diungkapkan, Pemucuk LPD Desa Adat Kayubihi, I Nyoman Jatiawan, didampingi Petengen LPD Kayubihi Ketut Ardana dan I Kadek Parjanayasa selaku Penyarikan LPD Kayubihi ketika ditemui BaliBanknews, Sabtu (19/6/2021) di kantor LPD Kayubihi. 

Jatiawan mengatakan,  peran serta krama dalam memanfaatkan produk-produk LPD sudah sangat baik, maka pelayanan terus ditingkatkan. 

"Pelayanan membuat krama percaya terhadap LPD, tanpa dukungan krama LPD tidak akan bisa berkembang," ucapnya. 

Jatiawan lebih jauh mengungkapkan,  pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap segala sektor termasuk LPD. Berpengaruh juga terhadap perekonomian krama yang memanfaatkan produk khususnya kredit di LPD Kayubihi. 

Untuk itu,  LPD Kayubihi selalu menjaga kepercayaan masyarakat dengan memberikan pelayanan seperti layanan jemput bola, mengintensifkan komunikasi dengan krama. "Krama yang meminjam kredit diberikan kebijakan dengan menghapus denda, karena dampak dari pandemi," ucapnya sembari mengatakan saat ini LPD Kayubihi sudah menyalurkan kredit sebesar Rp 18 miliar, sedangkan tahun lalu Rp 17 miliar. 

Untuk mendukung kelancaran pengelolaan,  LPD Kayubihi juga sudah menggunakan program PT USSI dan LPD juga sudah bekerjasama dengan Bank BPD Bali dalam menempatkan likuiditas. Begitu juga dari sisi peraturan adat,  LPD Kayubihi sudah dilengkapi dengan pararem. 

Dimasa pandemi, diakui Jatiawan LPD sudah memberikan sembako kepada krama tahun lalu kepada 700 KK diberikan paket beras, telor, minyak senilai Rp 100 ribu. Tahun lalu, LPD Kayubihi memberikan dana pembangunan sebesar Rp 227 juta. 

Hingga Juni 2021, LPD Kayubihi beraset mencapai Rp 23 miliar naik dibandingkan Desember 2020 dimana aset mencapai Rp 22 miliar. Laba saat ini mencapai Rp 512 juta.

"Kita patut bersyukur ditengah Pendemi kita masih memiliki laba yang tumbuh positif ini semua berkat dukungan masyarakat Kayubihi," ucapnya.

Jatiawan berharap, LPD Kayubihi tetap berjalan dengan baik. Peran serta krama dalam menunaikan kewajiban juga harus ada kesadaran. 

Bendesa adat Kayubihi, I Nyoman Tamba,SE., sangat mengapresiasi dan bangga atas kinerja LPD Kayubihi. Ditengah pandemi masih tetap dipercaya krama apalagi LPD Kayubihi telah mampu memberikan manfaat nyata ke masyarakat Kayubihi lewat pembagian sembako pada 700 KK pada pertengahan pandemi.

Untuk itu Tamba berharap pada Krama Kayubihi agar memberikan kepercayaan penuh pada pengelolaan dana di LPD dan terpentng memanfaatkan pelayanan dan produk LPD secara maksimal, misalkan melakukan pembayaran secara online di LPD Kayubihi. 

"Desa Adat Kayubihi akan selalu mendukung penuh LPD Kayubihi tentunya untuk peningkatan kesejahteraan krama dan pembangunan di Desa Adat Kayubihi," ucapnya. (yes) 


TAGS :

Komentar