LPD Desa Adat Kubu Tempati Gedung Baru, Bagikan Sembako ke Krama

  • 19 Juni 2021 00:00 WITA


Bangli, BaliBanknews -
Gedung sebagai salah satu point penting dalam meningkatkan pelayanan,  kini LPD Desa Adat Kubu telah menempati gedung kantor baru yang lebih representatif. 

Pemucuk LPd Desa Adat Kubu, I Ketut Pariasa didampingi, Ni Nyoman Sumariani, selaku Penyarikan LPD Kubu ketika ditemui BaliBanknews, Sabtu (19/6/2021) di kantor LPD setempat mengungkapkan, proses perancangan gedung baru setahun mengahabiskan dana Rp 850 juta lebih . Ini sesuai dengan keputusan krama dan direncanakan pembangunan oleh panitia yang dipilih oleh krama

Adanya gedung baru ini diharapkannya akan lebih meningkatkan kepercayaan krama, pengelola LPD bisa bekerja lebih nyaman serta mampu mengikuti perkembangan teknologi dengan adanya gedung yang representatif.

"Perkembangan LPD Kubu tidak terlepas dari kepercayaan krama. Maka pelayanan juga lebih ditingkatkan untuk segala fasilitas pembayaran baik listrik, air dan lainnya," ucapnya.

Pariasa mengungkapkan, kedepan berencana juga pengaplikasian secara online dengan mempersiapkan dana serta SDM yang nantinya bisa mengaplikasikan teknologi.

Pariasa mengucapkan terimakasih kepada Prajuru Desa Adat serta krama Kubu yang mendukung penuh pembangunan gedung kantor baru LPD Kubu.

Selain itu, LPD juga berkontribusi positif,  dimana memberikan dana duka Rp 200 ribu bagi krama yang meninggal dunia.  Selain itu setiap enam bulan atau Galungan prajuru bersama krama pengarep dapat sembako kurang lebih senilai Rp 100 ribu dianggarkan dana sebesar Rp 13 jutaan dan sudah berjalan selama lima tahun.

"LPD tidak semata mencari profit namun juga hasilnya bisa dinikmati oleh krama," ucapnya.

Begitu juga di desa adat diserahkan dana pembangunan dari LPD. Bahkan desa adat mengelola dana tersebut dengan baik dan digunakan untuk kegiatan pembangunan maupun upacara di Desa Adat Kubu. 

"Dana pembangunan digunakan jika ada pembangunan di desa adat kalau tidak digunakan untuk biaya upacara," ucapnya. 

Dalam situasi sulit seperti sekarang berdampak juga terhadap krama yang menunaikan kewajiban ke LPD sehingga krama diberikan keringanan dalam pembayaran kredit di LPD. 

Pariasa mengatakan, LPD Kubu hingga Juni beraset Rp 25 miliar dan laba sebesar Rp 350 juta lebih . "Ini patut kita syukuri di tengah pandemi, LPD memperoleh laba. Tentu ini berkat dukungan krama Adat Kubu dan Prajuru Desa Adat Kubu," ujarnya. 


Ditambahkan Pariasa,  Desa Adat dan LPD saling mendukung dan saling memberikan solusi. Karena LPD ini milik krama adat.  "Apapun yang kami lakukan desuai dengan kesepakatan dengan krama. Begitu juga dengan pembangunan gedung baru ini," pungkasnya.( Yes)


TAGS :

Komentar