LPD Desa Adat Jero Kuta Batubulan Mengedepankan SDM yang Unggul dan Berintegritas di Masa Pandemi

  • 13 Juli 2021 00:00 WITA

Gianyar, BaliBanknews -
LPD Desa Adat Jero Kuta Batubulan, Kecamatan Sukawati-Gianyar di masa pandemi covid-19 mengedepankan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul serta berintegritas. Demikian diungkapkan, Pamucuk LPD Desa Adat Jero Kuta Batubulan, I Nyoman Mardiana, SE, didampingi, Ni Kadek Yasmini, selaku Patengen LPD Desa Adat Jero Kuta Batubulan ketika ditemui BaliBanknews Selasa (13/7/2021) dikantor LPD setempat.

Mardiana lebih jauh mengungkapkan, SDM sangat penting karena mempengaruhi keberhasilan dalam pengelolaan suatu usaha. Begitu juga di LPD Jero Kuta Batubulan,  SDM adalah termasuk modal utama yang berupa capital skill.

"Untuk meningkatkan SDM, kami melakukan standarisasi SDM dengan memberikan pelatihan. Mengundang tutor / motivator untuk memberikan pelatihan sehingga memperkuat mentalitas dan kompetensi SDM kami guna memberikan pelayanan terbaik," ucapnya.

Diakui Mardiana, pelayanan yang maksimal juga menjadi cara untuk menjaga bahkan meningkatkan kepercayaan krama terhadap LPD Jero Kuta Batubulan.

"Dalam menjaga kepercayaan, kami tingkatkan "sense of belonging" krama terhadap LPD, bahwa LPD Dari Krama, Oleh Krama dan Untuk Krama. Segala bentuk layanan dan produk di LPD Jero Kuta Batubulan kami sosialisasikan juga melalui spanduk-spanduk yang terpasang di masing-masing banjar," ujarnya.

Bahkan diakui Mardiana, pengelola LPD Jero Kuta Batubulan juga melakukan edukasi ke masyarakat melalui kelihan banjar yang merupakan badan pengawas bebanjaran. "Kami melakukan evaluasi setiap tiga bulan dengan prajuru adat guna membahas tentang perkembangan LPD," ucapnya.

Ia menekankan pentingnya tata kelola yang baik dan benar. Hal itu menjadi poin penting dalam pengelolaan LPD Jero Kuta Batubulan dimana prinsip-prinsip tata kelola berupa transparansi, akuntabilitas, responsibility, independensi dan fairness (kewajaran) menjadi prinsip yang harus diimplementasikan.

"Dengan meningkatnya kompetensi SDM, meningkatkan team work serta sinergisitas pengelola LPD dengan krama maupun prajuru adat untuk kemajuan LPD Jero Kuta Batubulan, sehingga majunya LPD berimbas pada peningkatan kesejahteraan krama dan pembangunan di Desa Adat Jero Kuta Batubulan," ucapnya. 

Mardiana menambahkan, LPD Jero Kuta Batubulan berkontribusi di awal pandemi di tahun 2020 dengan menyerahkan sembako sebanyak 942 paket, dengan total alokasi dana sebesar Rp 130 juta. Disamping itu, tahun 2020 LPD berkontribusi ke Desa Adat Jero Kuta Batubulan lebih dari Rp 900 juta yang berupa 20% laba bersih tahun 2020, Dana piodalan Pura Kahyangan Tiga, Dana Pembangunan Banjar, Dana Duka, Dana Sosial dan Patias Prajuru Adat. "Kami harapkan LPD Jero Kuta Batubulan semakin meningkat kontribusinya ke desa adat kedepannya," pungkas Mardiana.

Bendesa Adat Jero Kuta Batubulan, Dewa Made Oka, yang juga selaku Ketua Badan Pengawas LPD Jero Kuta Batubulan mengapresiasi perkembangan LPD Jero Kuta Batubulan yang telah mampu berkontribusi nyata dalam tatanan agama, adat seni dan budaya yang berlandaskan Tri Hita Karana di Desa Adat Jero Kuta Batubulan.

Selain itu, program peningkatan SDM juga dikatakan Oka sangat penting dan menjadi keharusan untuk perkembangan LPD dan LPD Jero Kuta Batubulan sudah melaksanakan pelatihan untuk peningkatan SDM.

Dewa Oka berharap, masyarakat atau krama Desa Adat Jero Kuta Batubulan memanfaatkan produk-produk dan layanan LPD lebih maksimal lagi dan ia mengajak masyarakat untuk lebih berperan aktif karena LPD merupakan milik krama untuk kesejahteraan krama dan juga pembangunan di Desa Adat Jero Kuta Batubulan.

Hingga Juni 2021, LPD Desa Adat Jero Kuta Batubulan beraset Rp 69,4 miliar sedangkan laba mencapai Rp 678  juta. (yes)


TAGS :

Komentar