Desa Dinas dan Desa Adat Duda Bersinergi Dalam Segala Program Dimasa Pandemi Covid-19

  • 20 Juli 2021 00:00 WITA

Amlapura, BaliBanknews -
Desa Dinas dan Desa Adat Duda saling bersinergi dalam menjalankan segala program pemerintah terkait penanganan Covid-19. Demikian diungkapkan, Prebekel  Desa Duda, I Gusti Agung Ngurah putra, didampingi oleh, I Gede Pawana, selaku Prebekel Duda Timur serta, I Komang Sujana, yang juga selaku Bendesa Desa Adat Duda ketika ditemui BaliBanknews pada Senin (19/7/2021)

Ngurah Putra lebih jauh mengungkapkan, sinergitas antara Desa Dinas Duda, dan desa Dines Duda Timur  dengan Desa Adat Duda tidak diragukan lagi. Dimana setiap kegiatan di Desa Adat selalu melibatkan Desa Dinas dan begitu juga sebaliknya kegiatan Desa Dinas melibatkan Desa Adat.

"Kita dilibatkan di lembaga adat sebagai kertha desa dan ini perlu dicontoh oleh desa adat lainnya. Kami di Desa Duda kemana-mana kegiatan bendesa kita selalu ikuti," ucapnya.

Bahkan, diakui Putra semua pecalang desa adat juga menjadi Linmas di Desa Dinas Duda. "Semua saling terkait tentunya untuk kemajuan dan kekompakan kita di Desa Duda," ujarnya.

Menurut Ngurah Putra, sinergitas antara dua desa dinas  desa dinas dengan desa adat akan terbentuk itu tergantung desa adat atau bendesanya apakah mau proaktif untuk bersinergi dan yang terpenting kelembagaan dimasukan dan diikutkan pasti prebekel mau mengikuti.

"Prebekel bagian dari desa adat pasti mengikuti arahan bendesa adat. Setiap penyelesaian di Desa Adat kami di Desa Dinas selalu dilibatkan," ujarnya.

Lebih jauh dikatakan, dengan sinergitas ini, apapun regulasi dari pemerintah akan dapat terlaksana dengan baik, sebab koordinasi dapat berjalan dengan baik antara desa dinas dan desa adat.

Mengenai penanganan covid-19, diungkapkannya dengan adanya dana desa bisa dialokasikan untuk covid-19. 
"Astungkara karena di backup desa adat kita bisa memberikan bantuan sembako senilai Rp 150 ribu per KK," ujarnya.

Diharapkan masyarakat mengikuti aturan yang dianjurkan pemerintah dalam penanganan di Desa Dinas maupun di Desa Adat Duda baik aturan dari pemerintah pusat maupun pemerintah Provinsi dan Pemda Karangasem.

"Kita selalu menjaga sinergitas dengan semua komponen baik di Desa Dinas maupun Desa Adat Duda dalam penangulangan Covid-19," pungkasnya.( Yess)


TAGS :

Komentar