Aset LPD Desa Adat Lumajang Tumbuh Positif, Berikan Dana Duka ke Krama

  • 09 September 2021 00:00 WITA

Tabanan, BaliBanknews -
Masa Pendemi Covid-19 yang masih melanda Bali tidak membuat lembaga keuangan milik adat jalan ditempat. Justru sebaliknya LPD Desa Adat Lumajang di Kecamatan Kerambitan mampu tumbuh positif. Terjadi perkembangan aset LPD Lumajang telah mencapai Rp 5,5 miliar dengan laba LPD sebesar Rp 175 juta.

 

Pemucuk LPD Desa Adat Lumajang, I Dewa Gede Putra Mahadita, ketika di temui BaliBanknews Kamis (9/9/2021) di kantor LPD setempat
mengungkapkan, perkembangan aset LPD tidak terlepas dari peran masyarakat dalam memanfaatkan produk-produk LPD Lumajang. 

Mahadita juga lebih jauh mengungkapkan, di sisi lain LPD juga memberikan pemahaman pada krama di masa pandemi lewat prajuru di desa adat dan juga bersama pengurus LPD hingga ke rumah  jika kredit bermasalah saja atau tiga bulan tidak bayar kredit. 

"Astungkara berkat dukungan prajuru  di desa adat astungkara LPD kredit bermasalah sangat  kecil karena pendekatan kita ke masyarakat sangat persuasif di mana pang pada payu dan pang pada jalan," ucapnya.

Diakuinya, LPD Lumajang di masa pandemi  dengan memberikan manfaat langsung ke krama. Begitu juga dengan kredit diberikan relaksasi bagi krama yang memiliki kredit.

"LPD Lumajang tidak terlalu kaku, selalu melakukan pendekatan ke masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat," ucapnya.


Lebih jauh diakuinya LPD Lumajang juga selama 8 tahun lebih sudah bisa berkontribusi langsung ke Krama. LPD Lumajang setiap krama adat Lumajang meninggal LPD memberikan kontribusi lewat dana duka sebesar Rp 300 ribu. Dana duka tersebut diberikan ini sebagai ungkapan bela sungkawa LPD kepada Krama Lumajang.

Selain itu juga, ditambahkannya kita juga memberikan punia kepada para pemangku di Pura Kahyangan Tiga dimana setiap tahunya diberikan berupa pembelian wastra pada dua pemangku masing masing-masing Rp 400 ribu.

" ini diberikan sebagai bentuk perhatian LPD pada para pemangku di mana berkat doa beliau sehingga LPD Lumajang bisa tetap bertahan dan mampu tumbuh dan berkembang," ujarnya.


Bendesa Adat Lumajang, I Dewa Gede Wijaya Kusuma yang juga selaku Ketua Badan Pengawas LPD Lumajang mengapresiasi perkembangan LPD Lumajang ditengah pandemi tetap mampu meningkatkan aset. Hal itu tidak terlepas dadi peran serta masyarakat dalam memanfaatkan produk-produk LPD.

Ia mengakui, koordinasi badan pengawas LPD dengan pengelola LPD Lumajang berjalan dengan baik, sehingga segala program LPD juga bisa berjalan dengan baik.

"Mari kita tingkatkan peran serta dalam memanfaatkan produk-produk LPD Lumajang. Karena LPD merupakan milik krama dan memberikan manfaat nyata terhadap peningkatan kesejahteraan krama dan juga pembangunan di Desa Adat Lumajang," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar