Sinergitas Kuat Dengan Desa Adat, LPD Desa Adat Susut Kaja Tetap Eksis di Masa Pandemi

  • 24 September 2021 00:00 WITA

Bangli, BaliBanknews -
Sinergitas kuat yang terjalin antara LPD Desa Adat Susut Kaja dengan Prajuru Desa Adat Susut Kaja sebagai badan pengawas membuat LPD Susut Kaja tetap eksis di masa pandemi.

Pemucuk LPD Desa Adat Susut Kaja, I Dewa Agung Karsika ketika ditemui BaliBanknews Kamis (23/9/2021) di kantor LPD setempat mengungkapkan, untuk bisa tetap eksis, LPD Desa Adat Susut Kaja bersama Desa Adat Susut Kaja memberikan jaminan bahwa memanfaatkan produk-produk LPD dijamin keamanannya. 

"Kepercayaan krama untuk menempatkan dana di LPD Susut Kaja tidak lepas dari sinergitas antara LPD dengan Desa Adat Susut Kaja yang menjamin keamanannya," ucapnya.

Hal itu, lebih jauh dikatakan Agung Karsika membuat masyarakat Susut Kaja tidak ragu dalam memanfaatkan produk-produk LPD Susut Kaja. Ditekankan pula oleh prajuru LPD dan badan pengawas yakni Bendesa Adat Susut Kaja kepada krama bahwa LPD merupakan lembaga adat milik krama serta memiliki manfaat nyata dalam peningkatan kesejahteraan krama dan juga pembangunan di Desa Adat Susut Kaja dengan berlandaskan konsep Tri Hita Karana.

"Segala permasalahan di LPD dilakukan dengan kekeluargaan. Pendekatan dengan cara musyawarah sehingga tercapai kesepakatan bersama," ujarnya.

Dikatakannya, LPD Susut Kaja juga menekankan transparansi dalam pengelolaan, sehingga juga menjadi point penting dalam meningkatkan kepercayaan krama.

Bahkan, dengan pengelolaan seperti itu LPD Susut Kaja bisa berjalan sampai saat ini dengan baik. Dimana Aset LPD hingga September tahun ini mencapai Rp 22 miliar lebih meski ditengah pandemi.

"Kami mengalami pertumbuhan yang positif ini semua bisa kita raih berkat partisipasi dukungan masyarakat Susut Kaja yang selama pandemi tetap memanfaatkan produk-produk dan layanan dari LPD Susut Kaja," ucapnya sembari menambahkan LPD Susut Kaja menempatkan dana likuiditas di Bank BPD Bali khususnya Cabang Bangli.

Bendes Adat susut Kaja, Anak Agung Oka Winaya
yang juga Ketua Badan Pengawas LPD Susut Kaja mengapresiasi eksisnya LPD ditengah situasi pandemi covid-19. Hal itu tentu berkat dukungan penuh dari krama Susut Kaja. Disamping juga sinergitas Desa Adat Susut Kaja bersama LPD bersama-sama mengembangkan LPD sebagai lembaga adat milik krama.

"Mari kita bersama-sama memajukan LPD Susut Kaja. Sebab, LPD milik kita dan sudah nyata memberikan kontribusi ke Desa Adat maupun dalam upaya meningkatkan kesejahteraan krama Susut Kaja," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar