LPD Kepaon Membangun Desa

Selasa, 26 Juni 2018 | 11:25 WITA

LPD Kepaon Membangun Desa

balibanknews.com

Denpasar, balibanknews.com
 
LPD Desa Pakraman Kepaon menunjukkan fungsinya sebagai lembaga adat yang memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan di desa pakraman, baik fisik maupun non fisik.
 
Menurut Kepala LPD Desa Pakraman Kepaon, I Gede Sugiartha LPD memiliki kewajiban untuk berkontribusi terhadap pembangunan di Desa Pakraman maupun meningkatkan kesejahteraan krama melalui produk-produk yang ada di LPD.
 
Ditekankannya, LPD tidak semata berorientasi pada profit, namun juga manfaat yang bisa diberikan dalam pembangunan di Desa. Selama ini, LPD Kepaon sudah melaksanakan fungsinya sesuai dengan apa yang telah dirancang. Seperti telah melaksanakan ngaben, metatah dan memukur masal, pembangunan Pura Desa dan Pura Puseh Desa Pakraman Kepaon yang telah rampung serta saat ini memberikan pinjaman lunak sebesar Rp 1,5 miliar untuk pembangunan Pura Dalem Penataran Dukuh Kepaon yang masih dalam proses pengerjaan.
 
“Pembangunan Pura Dalem dianggarkan dana sebesar Rp 6,6 miliar. LPD memberikan pinjaman lunak sebesar Rp 1,5 miliar dengan suku bunga 0,5 menurun, kas pura sebesar Rp 3 miliar serta punia sebesar Rp 150 juta dan krama dikenakan Rp 1 juta per KK,” ucapnya.
 
Ditambahkannya, 20 persen laba yang diperoleh LPD Kepaon diserahkan ke Desa yang selama ini digunakan untuk pembangunan fisik. “Setelah fisik, baru kita pergunakan untuk non fisik,” ucapnya.
 
Menurutnya, LPD kepaon setiap tahun tumbuh baik. Hanya saja untuk menyalurkan kredit saat ini agak susah. “Aset terus meningkat setiap tahun. LPD Kepaon saat ini beraset Rp 130 miliar, naik dibandingkan Desember 2017 yakni Rp 125 miliar,” ucapnya.
 
Ia mengharapkan dengan semakin berkembangnya LPD, porsi kesejahteraan krama meningkat. “Hampir setiap tahun dana sosial naik, begitu pula punia ke pura juga meningkat. Dana duka kita berikan Rp 500 ribu kepada krama yang meninggal dunia,” pungkasnya. [KDP]
 
 
 
Penulis & Editor : Kadek Dwipayana


Selasa, 26 Juni 2018 | 11:25 WITA


TAGS:



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: