KSP Sari Parama Dana Siap Menuju Koperasi Provinsi Berbasis "Online"

Minggu, 05 Mei 2019 | 07:07 WITA

KSP Sari Parama Dana Siap Menuju Koperasi Provinsi Berbasis "Online"

Gianyar, BaliBanknews -
 
Memasuki awal 2019 perkembangan perkoperasian di Gianyar sangat pesat, baik pertumbuhan aset maupun keanggotaan. Salah satunya adalah Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sari Parama Dana yang beralamat di Dusun Semaon, Desa Puhu Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar, telah melaksanakan kewajiban aturan perundang-undangan berupa Rapat Anggota Tahunan yang dilaksanakan pada 16 Februari 2019.
 
Ketua Pengurus Drs. I Made Sila, M.Pd. mengatakan perkembangan koperasi yang sebelumnya bernama KSU Parama Dana selama 10 tahun sejak berdiri pada 2018 dari anggota jumlah 25 orang dengan modal simpanan pokok Rp1 juta per orang dan simpanan wajib Rp10.000 terkumpul modal awal Rp25.250.000 dan sampai saat ini tutup buku 2018 jumlah aset Rp7,1 miliar dengan SHU Rp255 juta. Jumlah anggota 275 orang dengan sebaran di 6 kabupaten di Bali yaitu Gianyar 223 orang, Bangli 24 orang, Kodya Denpasar 21 orang, Badung 5 orang, Jembrana 1 orang dan Buleleng 1 orang.
 
"Koperasi kami berdiri sesuai prinsip koperasi dari anggota oleh anggota dan untuk anggota, dengan motto koperasi sebagai soko guru perekonomian dari anggota dan anggota untuk anggota," katanya.
 
Diakui penanaman kepercayaan, pelayanan dan kebersamaan bersama anggota menuju sejahtera. Bertitik tolak dari hal itu, kata dia, pada tahun ini pihaknya berupaya untuk menuju koperasi provinsi berbasis online yaitu melalui perubahan anggaran dasar (PAD) agar peluang koperasi untuk berkembang lebih luas dan tidak melanggar perundang-undangan dan peraturan koperasi yang ada.
 
Pihaknya mengakui ada tiga hal perubahan yang mendasar yaitu perubahan dari KSU Parama Dana menjadi KSP Sari Parama Dana. Wilayah kerja dari kabupaten Gianyar menjadi se kabupaten/kota provinsi Bali. Simpanan pokok dari Rp1 juta menjadi Rp100.000 per orang.
 
Semua persyaratan dan kriteria telah mampu terpenuhi secara administrasi sehingga per 23 April 2019 telah turun SK Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI Deputi Bidang Kelembagaan nomor 001033/PAD/M.KUKM.2/IV/2019 menjadi KSP Sari Parama Dana yang dikuatkan dengan akta PAD notaris inti Sariwati Notaris Kota Denpasar.
 
Hadir pada kesempatan itu Dinas Koperasi dan UKM Bali yg diwakili oleh Kasi Penyuluhan, Kadis Koperasi dan UKM, Ketua Dekopinda Gianyar, Perbekal Puhu, Bendesa Kepala Dusun dan Kelian Adat Pakraman Semaon. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Bali yang diwakili oleh Kasi Penyuluhan Nyoman Kartika, S.H. menyampaikan, patut berbangga menjadi anggota koperasi khususnya KSU Parama Dana.
 
Begitu pula disampaikan Dinas Koperasi dan UKM Gianyar I Dewa Putu Mahayasa S.H., M.H. sangat mengapreasiasi atas keinginan jajaran pengurus untuk bisa naik kelas, naik jenjang dari koperasi binaan kabupaten Gianyar menjadi koperasi binaan Provinsi Bali. Ini tentunya membuat wilayah kerja lebih luas meliputi sekabupaten/kota se-Bali. Tentunya proses ini memerlukan syarat dan perlengkapan administrasi yang lengkap dan juga akta notaris.
 
Lebih lanjut sambutan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Gianyar juga merasa bangga karena koperasi semakin hari semakin menunjukkan perkembangan. Di Gianyar jumlah koperasi sebanyak 1.222 buah koperasi, salah satunya KSP Sari Parama Dana yang telah mampu menunjukkan dedikasi untuk melakukan RAT dan PAD.
 
Sementara itu Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah Gianyar atau Dekopinda, I Ketut Saban,S.E. menyampaikan, harapan yang sama dengan menekankan pengawasan dan fungsi pengawas intern yang lebih mampu menunjukkan peran untuk perkembangan Koperasi Parama Dana ke depan. Harapan yang sama juga disampaikan oleh Perbekel Puhu I Gede Berata Aginawa, S.H., ke depan agar koperasi makin berkembang dan mampu menunjukkan kualitas sebagai jati diri koperasi dan anggota mampu terlayani.
 
Pengelola KSP Sari Parama Dana I Made Diarsa, SP mengatakan perubahan ini menjadi peluang dan tantangan ke depan pada era global revolusi 4.0, ini perubahan kecepatan, kemudahan dan kemurahan sangat menjadi perhatian yang akan memunculkan peluang untuk berkarya dan bekerja sebagai tantangan pungkasnya. Pada kesempatan ini kami mewakili seluruh komponen KSP Sari Parama Dana mengaturkan terima kasih kepada Bpk Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menegah Prop Bali atas Motivasi dalam Gerakan Koperasi Bali dan seluruh pihak terkait ( Yes)
 


Minggu, 05 Mei 2019 | 07:07 WITA


TAGS:

SEBELUMNYA
PDAM Gianyar Raih TOP BUMD 2019
BERIKUTNYA
LPD Teruna Hadirkan Kredit Rumah Murah Bagi Masyarakat



Berita Terkait :

Badung, 18 Juni 2019 07:57
LPD Sibang Kaja Luncurkan Kredit KPR dan KPT Bagi Krama
...
Badung, 18 Juni 2019 07:57
LPD Sibang Kaja Luncurkan Kredit KPR dan KPT Bagi Krama
...
Karangasem, 17 Juni 2019 06:58
Bank BPD Bali Cabang Karangasem Hadir Dalam HUT 379 Karangasem
...


Berita Lainnya :

Badung, 18 Juni 2019 07:57
LPD Sibang Kaja Luncurkan Kredit KPR dan KPT Bagi Krama
...
Badung, 18 Juni 2019 07:57
LPD Sibang Kaja Luncurkan Kredit KPR dan KPT Bagi Krama
...
Karangasem, 17 Juni 2019 06:58
Bank BPD Bali Cabang Karangasem Hadir Dalam HUT 379 Karangasem
...

Lihat Arsip Berita Lainnya: