12 Tahun Kiprah KSP Permata Utama, Siap Jadi Koperasi Berkualitas dan Mandiri

Minggu, 19 Mei 2019 | 12:51 WITA

12 Tahun Kiprah KSP Permata Utama, Siap Jadi Koperasi  Berkualitas dan Mandiri

Tim KSP. Permata Utama saat berfoto bersama di salah satu Kantor Cabang di daerah Kediri Tabanan

Tabanan, balibanknews.com

Genap sudah 12 tahun Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Permata Utama memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kabupaten Tabanan yang tergabung sebagai anggota. Bukan hanya sebagai lembaga simpan-pinjam, koperasi ini juga aktif menunjukan kepedulian sosial melalui program tali kasih yang telah banyak membantu warga kurang mampu. Melalui momen perayaan hari jadi ke-12 yang jatuh pada 17 Mei 2019, KSP Permata Umata semakin mantap berkomitmen menjadi koperasi yang berkualitas dan mandiri, sehingga mampu unggul di kabupaten, provinsi, maupun nasional.

Ketua KSP Permata Utama, I Made Jaya Artana SE saat ditemui BaliBank sehari sebelum perayaan hari jadi mengatakan, sejak awal berdiri hingga memasuki usia 12 tahun, KSP Permata tetap menjadi koperasi yang berkomitmen penuh mensejahterakan anggota. Baginya, aset utama koperasi adalah anggota sehingga penting bagi koperasi memberikan pelayanan maksimal bagi anggota. ‘’Untuk menjadi koperasi berkualitas harus bisa memupuk para anggota agar bisa tumbuh dan berkembang, bukan hanya membantu permodalan tapi juga memberi edukasi agar anggota bisa madiri,’’ ujarnya.

KSP Permata diakui Jaya sangat fokus menggarap sektor UMKM yang berada di Kabupaten Tabanan. Kegiatan seperti grebek pasar rutin dilakukan untuk pengembangan koperasi baik untuk menambah jumlah anggota dan juga penyaluran pinjaman. Hingga saat ini koperasi yang dulunya hanya beranggotakan 23 orang kini sudah meningkat menjadi 703 orang anggota. Bahkan diakui Jaya hampir seluruh anggota aktif memanfaatkan koperasi.

Jaya mengatakan, makna usia 12 tahun bagi KSP Permata sangat luar biasa. Ditengah ketatnya persaingan, koperasi yang digadang-gadang akan mewakili Kabupaten Tabanan dalam penilaian koperasi terbaik se-Provinsi Bali ini mampu berkembang dengan signifikan. Dari aset awal pada 12 tahun lalu sebesar Rp 46 juta hingga Maret 2019 ini telah meningkat menjadi Rp 18,8 miliar, dengan modal sendiri sebesar Rp 4,8 miliar. Pinjaman yang tersalurkan pun tumbuh dengan baik dan saat ini tercatat sudah sebesar Rp 12,5 miliar dengan raihan SHU terakhir sebesar Rp 310 juta.

‘’Target pertama kita adalah menjadi local champion, jika sudah menjadi yang paling unggul di daerah sendiri, bukan tidak mungkin kami akan berlomba di tingkat provinsi bahkan nasional. Jika ingin bertindak besar harus memiliki mimpi yang besar,’’ tuturnya.

Menjadi koperasi yang berkualitas dan mandiri adalah sebuah komitmen yang tetap dijaga oleh seluruh elemen KSP Permata Utama. Sikap militan baginya sangat dibutuhkan dalam mengelola koperasi, militansi harus dilakukan oleh seluruh elemen koperasi mulai dari anggota, pengurus dan karyawan koperasi. ‘’Kami menganut teori Keizen dari Jepang, yang berarti terus bergerak dan inovatif, sehingga sikap militan dan fanatisme tinggi terhadap koperasi harus dimiliki semuanya, dan cita-cita menjadi koperasi mandiri bisa terwujud,’’ ujarnya.

Pelayanan prima yang diberikan KSP Permata Utama diakui Jaya diwujudkan melalui berbagai produk layanan. Beberapa produk unggulan koperasi antara lain Produk Sijaya (Simpanan Jadi Kaya), Tabungan Program Bulanan, Sijakop (Simpanan Berjangka Koperasi), Produk Pinjaman antara lain Kredit Ultra Mikro, Kredit Konsumsi, Kredit KKB (Kredit Kendaraan Bermotor), Kredit KPK (Kredit Pedagang Kecil tanpa agunan). Selain itu, koperasi ini juga memiliki produk Dana Santunan Duka dimana peserta program cukup menyetor uang sebesar Rp 100 ribu sekali setor dan akan mendapat santunan sebesar Rp 1 juta atau 10 kali lipat dari dana yang disetorkan.

Momen perayaan hari jadi ke 12 yang jatuh pada 17 Mei kali ini diakui Jaya sudah dimulai sejak tanggal 10 Mei yang dimeriahkan dengan berbagai lomba salah satunya lomba kantor cabang terbaik, pembagian nasi bungkus bagi masyarakat di seputaran Kabupaten Tabanan, dan kegiatan buka puasa bersama dengan saudara Muslim yang tengah menjalankan ibadah puasa. Sedangkan puncak perayaan hari jadi dimeriahkan dengan sederhana namun tidak mengurangi rasa kebersamaan anggota dan pengurus KSP Permata Utama melalui kegiatan potong tumpeng sebagai simbol kebersamaan. [MDY]


Minggu, 19 Mei 2019 | 12:51 WITA


TAGS:



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: