Rayakan Hari Jadi ke-30, LPD Peguyangan Tingkatkan Kinerja Semester II 2019

Minggu, 01 September 2019 | 09:31 WITA

Rayakan Hari Jadi ke-30, LPD Peguyangan Tingkatkan Kinerja Semester II 2019

suasana keakraban saat perayaan HUT ke-30 LPD Peguyangan, Minggu (1/9)

Denpasar, balibanknews.com
Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Pakraman Peguyangan kini telah menginjak usia 30 tahun. Hari jadi yang jatuh tiap tanggal 30 Agustus dirayakan pada Minggu (1/9) bersama seluruh elemen LPD, dan dihadiri sejumlah perangkat desa serta seluruh Kelihan Banjar Adat dan Dinas yang ada di Desa Pakraman Peguyangan. Dalam kesempatan tersebut disampaikan sekilas pertumbuhan LPD selama semester I 2019 dan optimis target tahun ini tercapai pada semester II 2019.

Pemucuk LPD Desa Pakraman Peguyangan I Wayan Darmitha menyampaikan ucapan terima kasih atas kinerja seluruh elemen LPD mulai dari pengurus, pengawas, dan karyawan karena telah bekerja secara maksimal dalam memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat Desa Peguyangan. Diharapkan kedepan pelayanan yang diberikan lebih baik lagi dengan tetap berpatokan pada empat moto kerja LPD yakni disiplin, jujur, ulet, dan bhakti kepada Hyang Maha Kuasa. ‘’Tantangan kedepan akan semakin berat, untuk itu seluruh elemen LPD harus bersatu dan bekerja dengan lebih baik lagi demi mendapatkan hasil yang maksimal sehingga mampu memberikan kesejahteraan bagi krama desa adat,’’ ujarnya dalam acara yang digelar di Warung DBoa di Jalan Suradipa, Denpasar.

Diakui Darmitha, LPD Peguyangan sampai saat ini tetap masuk 10 besar LPD beraset besar di Kota Denpasar, bahkan dua kali meraih juara I sebagai LPD terbaik se-Kota Denpasar pada tahun 2009 dan 2015. Baru-baru ini LPD Peguyangan juga sempat diundang oleh Kementrian Pertanian sebagai pembicara dalam acara yang digelar di Bogor beberapa waktu lalu.

Darmitha mengatakan, semester I 2019 berhasil dilalui dengan cukup membanggakan. Hingga bulan Agustus 2019 aset sudah menyentuh angka Rp 112 miliar dan diharapkan pada semester II hingga tutup tahun nanti aset dan laba akan tercapai sesuai target. ‘’Harapan kami masyarakat semakin gencar lagi memanfaatkan seluruh produk yang ada di LPD sehingga target aset dan laba bisa kita capai bersama-sama’ tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Jero Bendesa Desa Pakaraman Peguyangan I Ketut Sutama. Menurutnya, untuk menumbuhkembangkan LPD diperlukan keterlibatan seluruh masyarakat yang ada di seluruh wilayah Desa Pakraman Peguyangan. ‘’Tumbuh kembang LPD adalah tanggungjawab bersama. Untuk itu, kedepan Kelihan banjar adat dan dinas harus lebih aktif lagi mensosialisasikan LPD ke masing-masing warga banjar, baik dalam kegiatan paruman adat ataupun kegiatan sosial lainnya,’’ ucapnya.

Diakui Sutama, tantangan bagi LPD sangat terasa sejak tahun 2016 hingga 2018, sehingga cukup berdampak pada pertumbuhan laba. Namun, hingga berakhirnya tahun 2019 ini ia optimis target akan tercapai dengan baik, karena telah banyak belajar dari kesulitan-kesulitan yang dihadapi pada tahun-tahun sebelumnya. ‘’LPD terus berbenah, mulai dari tata kelola hingga pelayanan terus ditingkatkan, diharapkan krama adat juga lebih gencar lagi memanfaatkan LPD sebagai lembaga keuangan pilihan, dan bukan lagi sebagai lembaga keuangan alternatif,’’ ujarnya.

Sutama juga berharap seluruh krama adat lebih bijak lagi dalam memanfaatkan media sosial (medsos). Ia berharap tidak ada masyarakat yang menyampaikan keluhan mengenai permasalahan yang terjadi baik di lingkungan LPD atau pun lingkungan sosial desa pakraman melalui medsos, karena hanya akan menimbulkan dampak negatif bukan positif. ‘’Sebaiknya kalau ada keluhan disampaikan secara langsung jangan memanfaatkan medsos, karena hanya akan membawa dampak negatif,’’ pungkasnya. [MDY]


Minggu, 01 September 2019 | 09:31 WITA


TAGS:



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: