KSP. Permata Utama Diganjar Predikat Koperasi Terbaik Tingkat Provinsi

Selasa, 03 September 2019 | 10:51 WITA

KSP. Permata Utama Diganjar Predikat Koperasi Terbaik Tingkat Provinsi

Momen penerimaan penghargaan sebagai salah satu koperasi terbaik tingkat Provinsi Bali (Jaya Artana - kanan)

Tabanan, balibanknews.com
Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Permata Utama sukses meraih penghargaan koperasi terbaik tingkat provinsi kategori koperasi simpan pinjam (KSP). Pertumbuhan signifikan dari tahun ke tahun ditambah pengelolaan yang professional membuat koperasi yang berada di Kabupaten Tabanan ini layak diganjar penghargaan tersebut.

Penghargaan tersebut diberikan tepat pada perayaan Hari Koperasi Tingkat Provinsi Bali pada Sabtu 27 Juli 2019 lalu. Ketua KSP Permata Utama I Made Jaya Artana SE, mengatakan meski menduduki peringkat ketiga, namun penghargaan sebagai koperasi terbaik didapatkan bukan tanpa usaha dan kerja keras. Seluruh elemen koperasi, mulai dari pengurus, pengawas, karyawan, hingga anggota memiliki peran penting dalam perkembangannya. Bahkan, dukungan dari masyarakat sekitar diakui Jaya sapaan akrabnya sangat besar, sehingga KSP Permata Utama mampu tumbuh secara signifikan dari tahun ke tahun. ‘’Proses yang dilalui cukup melelahkan, namun dukungan dari semua pihak, membuat KSP Permata Utama mampu berkembang dengan baik dan tetap memberikan kesejahteraan bagi anggota dan masyarakat sekitar dengan program-program positifnya,’’ ujarnya baru-baru ini.

Sebelum menjadi salah satu koperasi terbaik di tingkat provinsi, KSP Permata begitu sebutan koperasi yang berkantor pusat di Jalan Batukaru Km 3 No.1A Tabanan ini telah mendapat sejumlah penghargaan di tingkat Kabupaten. Kehadiran KSP Permata di Kabupaten Tabanan diakui Jaya cukup memberi kontribusi positif bagi masyarakat.

Dalam pengelolaannya Jaya juga menerapkan berbagai perkembangan teknologi sehingga mampu menghilangkan stigma atau anggapan bahwa tata kelola koperasi itu jadul atau ketinggalan jaman. Ia bahkan, berkeinginan anak-anak muda bisa bangga terlibat dalam gerakan koperasi dan tidak malu menjadi mengelola atau bekerja di lembaga koperasi.‘’Melalui penerapan IT, segala pekerjaan lebih mudah dilakukan, sasaran kami cenderung lebih ke kalangan milenial untuk itu update teknologi harus terus dilakukan karena kaum milenial cenderung lebih tertarik dengan cara-cara praktis,’’ ujarnya.

Hingga bulan Agustus 2019 aset yang dikelola sebesar Rp 20.8 dengan tingkat pertumbuhan 37,7 persen asumsi pertumbuhan ini berdasarkan atas angka realisasi tahun Agustus 2018. Adapun persentase pertumbuhan secara keseluruhan antara lain pertumbuhan anggota 12,6 persen, pertumbuhan pinjaman 50,3 persen, pertumbuhan dana anggota 37,2 persen, dan pertumbuhan modal sendiri 38,1 persen. Dengan Tingkat rasio ROA 2,77 persen, LDR 134,2 persen, CAR 25,8 persen, NPM 31,7 persen, NPL 0,39 persen, BOPO 67,8 persen.

Diakui Jaya, kedepan KSP Permata berorientasi bukan hanya pada profit melainkan pada asas manfaat diantaranya memberi manfaat melalui program pembiayaan biaya pendidikan, program dana santunan, dan program Sijaya. Selain itu ada juga program sosial yang digelar tiap tahun antara lain bea siswa bagi siswa kurang mampu, pemberian sembako bagi masyarakat kurang mampu dan pemangku, kunjungan ke panti sosial, dan kegiatan Dharma yatra sama anggota.

Adapun prestasi yang pernah diraih koperasi ini antara lain WTP dari kantor akuntan Publik Denapasar, Koperasi Berkualitas dari PT. Naeyau Utama Jakarta tahun 2019, dan Koperasi sehat dari Dinas Koperasi & UKM Kabupaten Tabanan. ‘’Kedepan masih banyak lagi program yang akan diwujudkan KSP Permata, yang paling penting kami berharap anak-anak muda kaum milenial mulai membuka mata akan peluang yang bisa didapat dari gerakan koperasi sehingga mampu menjadi generasi mandiri,’’ pungkas Jaya. [MDY]


Selasa, 03 September 2019 | 10:51 WITA


TAGS:



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: