Dinas Koperasi dan UMKM Karangasem Gelar Bimtek Peningkatan Manajemen Usaha Kepada Prajuru Serta Pegawai LPD

Kamis, 05 September 2019 | 08:25 WITA

Dinas Koperasi dan UMKM Karangasem Gelar Bimtek Peningkatan Manajemen Usaha  Kepada Prajuru Serta Pegawai LPD

Karangasem, BaliBanknews-
 
Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Kabupaten Karangasem kembali menggelar Bimtek dalam meningkatkan manajemen usaha daya saing SDM di era pasar bebas melalui pelatihan analisa kredit. Pelatihan tersebut diprakarsai oleh Dinas Koperasi dan UMKM Karangasem bersama Bank BPD Bali Cabang Karangasem yang diikuti 30 LPD. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal  4 sampai 6 Agustus 2019 bertempat di Aula Kantor Inkom Karangasem. Hal ini juga bertujuan untuk dapat meningkatkan sinergi dan hubungan yang selama ini terjalin dengan baik.
 
Pada kesempatan itu hadir Bupati Karangasem, Gusti Ayu Mas Sumatri, S,Sos,.Map, I Nengah Toya SE, Map, selaku Kadis Koperasi UMKM Karangasem, Ketut Andayana Kusumayasa, SE, M M, selaku Kepala Bank BPD Bali Cabang Karangasem, I Made Sosiawan, selaku Staf Ahli Bupati, Ketut Guna Apsara, selaku Kasi DJA BPD, I Nyoman Sedana Ariana, selaku Koordinator LPLPD Kabupaten Karangasem, Drs, Made Mastiawan, selaku ketua BKS LPD Karangasem.
 
Bupati Karangasem, Gusti Ayu Mas Sumatri dalam sambutannya, menyampaikan, sangat mengapresiasi postif atas dilaksanakannya pelatihan terhdap prajuru serta pegawai LPD, sehingga melalui acara pelatihan ini akan lebih meningkatkan lagi pengetahuan terhadap permasalahan yang dihadapi LPD. Apalagi pelatihnya langsung diberikan oleh para ahli dibidangnya. "Oleh karena itu kedepannya kita Pemeritah Karangasem akan terus mendorong aktif agar bisa dilaksanakanya pelatihan rutin,"ujarnya.
 
Sementara itu, I Nengah Toya, selaku Kadis Koperasi UMKM Karangasem, menyampaikan, melalui pelaksanaan Bimtek bersama ini akan lebih membuat serta menambah wawasan para prajuru dan juga pegawai LPD semakin meningkat, sehingga kedepanya pelatihan ini dpat membuat LPD yang belum jalan dapat beroperasi kembali secara normal.
 
Sementara itu, Kepala Bank BPD Bali Cabang Karangasem, Ketut Andayana Kusumayasa, SE,MM, menyampaikan, bahwa acara yang dilaksanakan ini merupakan kegiatan yang rutin pihaknya laksnakan setiap tahunnya, pelatihan ini merupakan bentuk komitmen Bank BPD Bali atas kepercayaan LPD. Dimana LPD sudah mempercayakan dananya dikelola di Bank BPD Bali khususnya Cabang Karangasem, disamping itu pula, dalam pelatihan yang dilaksanakan selama 3 hari ini ada beberapa materi penting yang diberikan pelatihan. Terutama terkait peningakatan manajemen usaha yang ada di LPD dan juga analisa kredit, serta strategi penyelamatan kredit yang mana pihaknya menggandeng Dinas Koperasi UMKM, LPLPD serta BKS LPD Kabupaten Karangasem.
 
Kusumayasa berharap, melalui pelatihan ini akan lebih meningkatkan pengetahuan Prajuru dan para pegawai LPD. Sehingga akan menambah kepercayaan diri LPD dalam pengelolaan serta menyalurkan kredit. “Yang jelas apa yang diketahui di Bank BPD Bali, kita akan bagikan ilmunya ke LPD. Oleh karena itu, kedepannya kita akan terus memberikan pelatihan kepada LPD yang ada di Kabupaten Karangasem dan tergantung permintaan LPD,”jelasnya.
 
Sementara itu, Drs Made Mastiawan, selaku ketua BKS LPD Karangasem menambhkan sangat menyambut baik dengan adanya pelatihan yang sudah dispot spenuhnya BPD Bali khusnya Cabang Karangasem.
 
“Dengan adanya Bimtek serta pelatihan dlam meningkatkan Usaha dalam hal analisa kredit serta penyelamatan kredit akan lebih menambah tingkat SDM LPD menjadi lebih berkualitas. Sehingga mampu bersiang dan   berharap dengan adanya pelatihan ini bisa lebih menekan permasalahan kredit  seperti NPL (non performing loan) atau kredit bermasalah di LPD masing-masing. Sehingga dengan adanya pelatihan ini bisa lebih membuat tingkat kesehatan LPD semakin meningkat.
 
“Kita mewakili LPD yang ada di Kabupaten Karangasem mengucapkan terimakasih atas perhatian Bank BPD Bali khususnya Cabang Karangasem,"ujarnya.(yes)
 


Kamis, 05 September 2019 | 08:25 WITA


TAGS:



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: