LPD Aan Rayakan Hut ke-33

Komitmen Bangun Perekonomian di Desa Adat

Senin, 30 September 2019 | 09:37 WITA

Komitmen Bangun Perekonomian di Desa Adat

Klungkung, BaliBanknews-
 
Seluruh warga Desa Aan, Klungkung mengikuti jalan sehat serangkaian perayaan hari ulang tahun LPD setempat yang ke 33, Sabtu (28/9/2019). Warga pun tampak antusias dalam acara ini.
 
Sebagai hadiah, LPD Desa Adat Aan menyediakan sejumlah doorprize menarik seperti perabotan upacara hingga satu unit sepeda motor.
 
Pemucuk LPD Aan, I Wayan Punia Astawa mengungkapkan, ibarat berumah tangga, usia ke 33 adalah usia yang matang dan dewasa. Dengan ini, pihaknya ingin terus berperan dalam pembangunan ekonomi di desa setempat.
 
"Kami jalin persatuan dan kebersamaan dengan kerja nyata untuk membangun perekonomian di Desa Adat Aan. Sejahtera serta bermartabat berdasarkan Tri Hita Karana. Tema ini sangat cocok dengan semangat kami di LPD," ujarnya.
 
Punia mengatakan, untuk perkembangan LPD Desa Aan hingga September 2019, kredit yang sudah disalurkan mencapai Rp 7,7 miliar. Sedangkan dana pihak ketiga (DPK) yang dihimpun di LPD Desa Adat Aan mencapai Rp 10 miliar.
 
Sementara itu, saat ini modal LPD Desa Aan sebesar Rp 2,5 miliar. Untuk laba LPD makin berkembang setiap tahun. Pada 2017 laba LPD Aan mencapai Rp 511 juta, tahun 2018 Rp 557 juta. Sedangkan laba di akhir tahun 2019 ditargetkan Rp 607 juta. "Dari segi aset, saat ini telah mencapai Rp 13,9 miliar," ujarnya.
 
Bendesa Adat Aan, I Ketut Kariasa mengungkapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas kontribusi LPD Desa Adat Aan selama ini. Ia menilai, gebyar ulang tahun LPD memiliki makna yang dalam meski dikemas dengan acara yang sederhana.
 
"Kami berharap eksistensi LPD Aan terjaga dan semoga gebyar seperti ini terus dilaksanakan. Tentunya dengan hadiah-hadiah yang semakin menarik," ujarnya.
 
Sementara itu, Koordinator LPLPD Klungkung, I Wayan Sumerta berharap LPD yang ada bisa memberikan kontribusi yang lebih terhadap desa adat. "Dengan adanya gebyar ini, kami berharap LPD tetap berkembang, tetap sehat sehingga sumbangsih ke desa adat terus meningkat," paparnya.
 
Untuk diketahui, di Kabupaten Klungkung jumlah LPD sebanyak 119 dengan total aset mencapai Rp 949,9 miliar. Kredit yang tersalurkan Rp 662 miliar dengan pembekuan tabungan Rp 476,2 miliar. Selanjutnya deposito Rp 282,6 miliar serta laba Rp 22 miliar. "Kami optimistis di tahun 2019 ini, LPD di Kabupaten Klungkung akan tumbuh secara positif," ujarnya. (yes)
 


Senin, 30 September 2019 | 09:37 WITA


TAGS:



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: