Jaga Ritme Pelayanan, LPD Sengkidu Rekrut 2 Pegawai Baru

Kamis, 03 Oktober 2019 | 07:23 WITA

Jaga Ritme Pelayanan, LPD Sengkidu Rekrut 2 Pegawai Baru

Karangasem, BaliBanknews-
 
LPD Desa Sengkidu, Kecamatan Manggis, Karangasem, merekrut dua pegawai baru. Ini sebagai upaya agar ritme pelayanan terhadap masyarakat tetap berjalan optimal.
 
Hal ini dilakukan karena satu pegawai lama telah memasuki masa pensiun. Rekrutmen pun harus dilakukan sesuai amanah Perda LPD sebagai bentuk regenerasi.
 
"Iya agar regenerasi di LPD tetap jalan. Sebab sesuai dengan Perda LPD, bahwa usia 60 tahun sudah memasuki masa pensiun. Maka harus ada pergantian pengurus," ujar Pemucuk LPD Sengkidu, I Ketut Sulastra ditemui BaliBanknews, Kamis (3/10).
 
Sejak satu bulan lalu, pihaknya sudah membuka lowongan untuk mengisi dua posisi yang ditinggalkan ini. Tak disangka ternyata animonya sangat besar. Antusiasnya terutama di kalangan generasi milenial (Y) maupun generasi Z.
 
"Kami buka lowongan lewat paruman desa adat. Ternyata animo masyarakat terutama generasi muda sangat besar. Meraka ikut tes di LPD. Umur dibatasi, minimal 21 tahun dan maksimal 35 tahun. Ada sekitar 15 orang yang melamar namun yang ikut tes 12. Sisanya mengundurkan diri," paparnya.
 
Tes pegawai sepenuhnya diserahkan pada prajuru desa, pengawas serta melibatkan langsung koordinator atau pembina LPLPD kabupaten Karangasem. Ia tegaskan, tak ada main mata atau intervensi pihak mana pun. Ia pun menjanjikan perekrutan yang profesional dan transparan.
 
"Yang jelas hasilnya harus benar-benar orang orang yang berkualitas serta paham tentang teknologi. Saya harap dengan adanya pegawai baru ini nantinya tingkat kepercayaan dan pertisipasi krama Sengkidu terhadap LPD makin meningkat," ucapnya.
 
Sementara itu ketua panitia rekrutmen pegawai LPD, Jro Mangku I Nyoman Wage SH yang juga Bendesa Adat Sengkidu mengungkapkan, regenerasi pegawai di LPD sangat penting. Ia inginkan semua masyarakat tahu proses rekrutmen ini sedari tes hingga diterima. Dengan ini pula, mengapa perekrutan dibuka seluas-luasnya.
 
"Dalam hal ujian, kami serahkan sepenuhnya pada LPLPD serta panitia. Ujian kami bagi beberapa tahap. Pertama ujian tertulis, kedua wawancara, kemudian yang ketiga pengetahuan komputer. Untuk tes sudah kami gelar awal bulan ini. Hasilnya lansung hari itu juga dapat dilihat siapa yang terpilih dan lulus jadi kariawan LPD," jelasnya.
 
Koordinator LPLPD, I Nyoman Sedana Ariana, SH berharap dengan adanya tambahan dua energi segar ini, LPD Sengkidu bisa terus berjaya. Ia yakin partisipasi masyarakat untuk LPD juga terus meningkat.
 
"Kami senang tata cara LPD Sengkidu merekrut pagawai baru. Inilah yang patut ditiru oleh LPD lainya di Karangasem. Sistem terbuka akan menghilangkan kesan nepotisme karena yang lebih diutamakan adalah SDM," tuturnya.
 
"Semoga pegawai baru ini membuat kepercayaan masyarakat makin meningkat. Sebab selama ini LPD Sengkidu merupakan LPD yang masuk rangking 10 besar," sambung dia. (yes)
 


Kamis, 03 Oktober 2019 | 07:23 WITA


TAGS:



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: