29 Tahun LPD Besan, Semakin Matang Melayani Krama

  • 03 Februari 2019 08:18 WITA
Klungkung, BaliBanknews-
 
Diusianya yang ke 29 LPD Besan semakin matang dalam memberikan pelayanan kepada krama, terlebih kontribusinya yang begitu besar terhadap keberadaan Pura Khayangan Tiga.
 
Pemucuk LPD Besan, I Nyoman Sedana, ketika ditemui disela - sela Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) yang dirangkai juga dengan gebyar yang ke 15, menyampaikan, disamping dana pembangunan yang diberikan setiap tahunnya, sebanyak 20 persen dari Laba juga diberikan kepada krama yang mengalami sakit. 
 
"Ini sebagai wujud perhatian kami kepada krama, karena selalu setia kepada LPD,"ujarnya.
 
Ia menambahkan, LPD juga memberikan perhatian kepada para Pemangku, Serati, Pecalang. Kemudian masyarakat yang kurang mampu serta anak yang berprestasi dalam bentuk Besisiwa baik tingkat SD dan SMP.  
  
Di usia LPD Besan yang ke 29 tahun ini kami berharap bisa lebih maju lagi dalam mesejahterakan masyarakat, sehingga kehadiran LPD terus bisa dirasakan,"ujarnya. 
 
Lebih jauh ia menyampaikan, terkait aset sendiri sampai akhir Desember 2018 mencapai Rp 23, 2 miliar, ada peningkatan sebesar 32,8 persen dari tahun sebelumnya. Kemudian dari segi laba LPD sampai  tahun 2018 sudah mencapai Rp 1 miliar lebih, ada peningkatan sebesar 5,27 persen. 
 
Dari segi penyaluran kredit ke krama sudah mencapai Rp 15 miliar lebih, sedangkan untuk dana pembangunan yang sudah diserahakan adalah sebesar Rp 200 juta lebih.   
 
"Dengan terus meningkatkan Laba LPD maka di tahun 2019 ini akan lebih ditingkatkan lagi, sehingga bisa lebih besar lagi manfaatnya dalam hal pembangunan,"ujarnya.
 
Ia berharap, masyarakat tidak ragu dan takut dalam menempatkan dana di LPD serta memanfaatkan program - program unggulan yang ada di LPD.
 
Dalam acara gebyar undian LPD telah disiapkan puluhan hadiah doorprice serta hadiah utama yaitu satu unit sepeda motor. Kemudian untuk malamnya juga disiapkan hiburan lawak serta lagu lagu pop Bali tentunya untuk menghibur masyarakat Besan.
 
Sementara itu, Bendesa Adat Besan, I Ketut Wardana, mengungkapkan sangat mengapresiasi serta bangga dengan kinerja seluruh Pengurus LPD yang sudah bisa memajukan LPD. Serta yang lebih penting kehadiran LPD dapat dirasakan manfaatnya oleh desa adat. 
 
"Yang lebih membuat saya bangga di mana dari 117 LPD, kita berada diperingkat yang ke 9 terbaik. Saya mewakili krama mengucapkan terimakasih atas segala pencapaian yang diraih," imbuhnya.
 
Wardana menambahkan, kita di Desa Adat sangat merasakan manfaat LPD, terutama dalam hal membantu kelancaran segala pembangnan serta subsidi upacara di Pura Khayangan Tidak. 
 
Kita di Bendesa Adat akan terus mendukung keberadaan LPD, apalagi saat ini pihaknya di Desa Adat guna lebih mejaga tetap ajegnya LPD Besan, maka pihaknya bersama Prajuru Desa sudah memperkuat keberadaan LPD dengan Perarem.
 
"Yang mana isi didalamnya kita berpatokan pada Perda serta Pergub LPD, sehingga ini kita harapkan lebih memperkuat LPD Besan," pungkasnya.(Yes)

TAGS :

Komentar