LPD Bualu Berikan Bukti Nyata Ke Krama

  • 10 Februari 2019 08:00 WITA
Badung,BaliBanknews
 
LPD Bualu berikan bukti nyata kepada krama, dimana setiap 3 tahun sekali sudah bisa meringankan krama dalam upacara ngaben dan nyekah masal, yang di lakukan Desa Pakraman dengan menghabiskan dana sebesar Rp 1,4 miliar.
 
Pemucuk LPD Bualu, I Made Astika, SE, ketika ditemui BaliBanknews beberapa waktu lalu menyampaikan, bahwa pemberian dana tersebut merupakan bentuk yadnya LPD terhadap masyarakat. Karena berkat kepercayaan dan pertisipasi masyarakat dalam memanfaatkan program LPD. Sehingga dikembalikan lagi keuntungan LPD ke masyarakat lewat program yadnya ngaben dan nyekah masal. 
 
"Upacara ini biasanya setiap 3 tahun sekali kita laksanakan, dengan jumlah sawa kisaran 100 sampai 182 sama. Ini sudah kita laksanakan 3 kali ngaben dan juga nyekah masal, sekali lagi ini sebagai bentuk perhatian LPD terhadap tingginya kepercayaan krama Bualu terhadap LPD," ujarnya.
 
Astika menambahkan, disamping itu pihaknya juga memberikan perhatian setiap tahunya pada setiap banjar, dengan punia lewat dana sosial di setiap banjar diberikan sebesar Rp 20 juta di 8 Banjar adat. 
 
"Kita juga berikan perhatian pada Sekaa Teruna Teruni sebesar Rp 6 juta setiap tahunya,"ujarnya. 
 
Untuk perhatian secara langsung ke krama pihaknya juga berikan dana mejenukan setiap krama Bualu yang meninggal dunia sebesar Rp 700 rb  setiap jiwa. 
 
"Sejauh ini LPD sudah membiayai pembangunan Pura Khayangan Dalem sebesar Rp 2 miliar pada tahun 2004,"ujarnya. 
 
Pria yang sudah ngayah di LPD selama 30 tahun ini, mengungkapkan, hingga saat ini LPD Bualu sudah memiliki pegawai sebanyak 55 orang, dengan ditunjang oleh gedung baru yang menghabiskan biaya RP 6 miliar, dengan harga tanah Rp 6 miliar.
 
Untuk aset LPD sampai akhir tahun 2018 telah mencapai Rp 403 miliar, dengan laba mencapai Rp 5,1 miliar. Dengan suku bunga kredit LPD sebesar 0,67 persen.
 
"Khusus modal sendiri  LPD hingga akhir tahun 2018 telah mencapai Rp 75 miliar,"ujarnya.
 
Astika berharap, kedapannya dengan semakin fanatiknya masyarakat terhadap LPD, pihaknya akan terus memberikan perhatian dalam bentuk asas manfaat baik ke Desa Adat serta  krma Bualu.  
 
"Kami mengucapkan terimakasih pada seluruh badan pengawas, Kelian Banjar di 8 Banjar dan Bendesa adat,"ujarnya.(yes)
 

TAGS :

Komentar