Inflasi Bali Masih Rendah Ketimbang Nasional

  • 13 Juni 2019 03:13 WITA
Denpasar, BaliBanknews-
 
Inflasi di Bali bersamaan dengan hari raya Idul Fitri masih relatif terkendali, secara bulanan inflasi di Bali tercatat sebesar 0,23 persen, angka ini lebih rendah dibandingkan dengan inflasi bulan sebelumnya yang sebesar 0,28 persen. Angka ini juga lebih rendah dibandingkan dengan inflasi nasional yang sebesar 0,68 persen.
 
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Causa Iman Karana, menyampaikan, secara tahunan inflasi di Bali pada Mei 2019 sebesar 2,45 persen, lebih rendah dibandingkan inflasi nasional yang sebesar 3,52 persen.
 
"Jadi dari angka-angka tersebut menunjukkan bahwa TPID Bali cukup efektif dalam melakukan koordinasi dan juga melakukan beberapa langkah langkah antisipasi,"ujarnya.
 
Ia menambahkan, seperti yang telah diketahui, bahwa strategi yang dilakukan oleh TPID Bali itu menyangkut 4K, yaitu: keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi yang efektif. Pihaknya juga mengetahui beberapa SKPD terkait mengadakan banyak pasar murah dan juga operasi pasar, sehingga harga terjangkau menjelang hari raya besar keagamaan.
 
Dari sisi kelancaran penumpang, lanjutnya, serta juga menyediakan armada cadangan, begitu juga dengan bentuk kapal laut yang juga sangat membantu. Kemudian untuk bandara dan juga dinas perhubungan yang juga cukup agresif untuk melakukan koordinasi dengan pihak terkait. untuk menambah armada dan lain sebagainya.
 
"Sehingga kita tahu bahwa jika terjadi inflasi di angkutan udara yang biasanya menjadi momok untuk hari-hari besar keagamaan,"ungkapnya.
 
Melihat perkembangan inflasi sampai dengan periode berjalan, dan mempertimbangankan upward dan downward risk dikeseluruhan tahun 2019, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali memprediksi bahwa inflasi Bali di tahun 2019 akan berada pada rentang inflasi nasional yaitu 2,7 persen hingga 3,1 persen year on year, lebih rendah dari tahun 2018 yang sebesar 3,18 persen year on year.(can)
 

TAGS :

Komentar

Berita Lainnya