LPD Liligundi Huni Gedung Baru

  • 17 November 2019 06:18 WITA
Karangasem, BaliBanknews-
 
Gedung merupakan aset yang sangat berharga guna menunjukan exsistensi LPD di Desa adat, apa yang telah bisa di lakukan oleh LPD Desa Adat Liligundi di Bebandem, Karangasem patut di apresiasi serta menjadi contoh di mana telah mampu meresmikan kantor baru bertepatan dengan Purnama Kelima, Selasa (12/11) kemarin. Peresmian kantor baru diawali dengan upacara pemlaspas dan rsi gana yang dihadiri oleh masyarakat setempat beserta undangan.
 
Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Badan Kerjasama (BKS) LPD Bali Drs.I Nyoman Cendikiawan S.H., M.Si beserta pengurus BKS-LPD Provinsi Bali, pengurus BKS-LPD Kabupaten Karangasem serta BKS-LPD Kecamatan Bebandem, Kepala Lembaga Pemberdayaan (LP) LPD Karangasem, Kepala LPD se-Kabupaten Karangasem serta rekanan LPD lainnya.
 
Kepala LPD Desa Adat Liligundi I Wayan Sadri, saat ditemui pada sela-sela acara mengatakan, pembangunan kantor LPD Liligundi sudah sejak lama direncanakan, mengingat selama ini LPD beroperasi di lahan miliknya sendiri. "Baru tahun ini kami bisa mewujudkannya yang pembangunan dimulai sejak 3 bulan lalu," ungkapnya.
 
Dikatakannya, pembangunan gedung LPD Desa Adat Liligundi ini menghabiskan dana kurang lebih Rp360 juta. Dana yang digunakan bersumber dari modal LPD. Hingga saat ini aset yang dimiliki sudah mencapai Rp4,5 miliar lebih dengan laba sampai akhir Oktober mencapai Rp100 juta lebih.
 
Sadri menambahkan, LPD Desa Adat Liligundi telah berdiri sejak 1996 lalu yang dari tahun ke tahun terus berupaya mengembangkan diri. Kepercayaan dari masyarakat pun kian tumbuh, terlebih dengan keberadaan kantor baru saat ini oleh karena itu Sadri berharap dengan hadirnya Gedung baru akan lebih membuat tingkat kepercayaan masyarakat Liligundi makin meningkat terhadap laba pura Desa ini ucapannya.
 
Bendesa Adat Liligundi Ketut Alit Suardana, mengatakan, sangat bersyukur dengan keberadaan LPD Desa Adat Liligundi yang merupakan salah satu kekayaan milik desa adat tetap eksis hingga saat ini. "LPD Liligundi yang sudah berdiri sejak 1996 lalu dengan aset Rp5 juta saat ini, kini sudah bisa berkembang dengan aset Rp4,5 miliar," ungkapnya sembari mengatakan LPD Liligundi didukung oleh kurang lebih 370 krama arep.
 
Sementara itu, Ketua BKS-LPD kabupaten Karangasem, Drs, Made Mastiawan, menyampaikan selamat telah diresmikannya kantor baru LPD Desa Adat Liligundi. Harapannya dengan adanya kantor baru ini dapat memberikan manfaat kepada desa adat setempat terutama dalam meningkatkan perekonomian di desa adat. "Demikian juga kami harapkan kerjasama yang telah bangun di Karangasem makin meningkatkan persatuan dan kebersamaan di LPD, untuk itu kedepanya kita berharap pada seluruh LPD yang ada di kabupaten Karangasem agar dpat meniru apa yang telah bisa di lakukan LPd Liligundi dengan hadirnya Gedung baru tentunya kepercyaan serta partisipasi Krama akan semakin meningkat sehingga hadirnya LPd di tengah tengah Desa Adat akan memberikan asas manpat terhadap kesejahteraan masyarakat. Pungkasnya.(Yes)
 

TAGS :

Komentar