LPD Sayan Peringkat 6 LPD Terbaik dari 32 LPD di Ubud

  • 28 Januari 2020 00:00 WITA

Gianyar,  BaliBanknews -
Pencatatan kinerja tahun 2019 Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Sayan yang ada di Kecamatan Ubud, Gianyar menunjukkan pencapaian membanggakan. Hal ini dapat terlihat dari pergerakan aset LPD Sayan hingga akhir Desember tahun 2019 telah mencapai Rp 72,9 miliar yakni menduduki peringkat 6 LPD terbaik dari 32 LPD di Ubud.


Pemucuk LPD Sayan, Ir I Wayan Toko, saat ditemui Selasa (28/1) mengungkapkan pertumbuhan aset terus positif pada tahun 2018 aset LPD sebesar Rp 66 miliar sedangkan tahun 2019 meningkat menjadi Rp 72,9 miliar atau tumbuh 10,4%. Begitupun dari segi perkembangan laba LPD tahun 2018 mencapai Rp 1,34 miliar sedangkan tahun buku 2019 naik menjadi Rp 1,78 miliar atau alami peningakatan 20%.


Sedangkan dana pembangunan yang diserahkan tahun ini ke desa adat sebesar Rp 356 juta. Menurutnya, semua kenaikan yang dicapai saat ini tentunya berkat dukungan seluruh stakeholder yang ada di LPD diantaranya pengawas, pengurus dan pegawai. "Mereka semua telah bisa bekerja keras demi kemajuan LPD Sayan dan yang lebih penting adanya hubungan sinergi yang baik selama kita jalin dengan baik dengan tokoh-tokoh. Baik itu Penglingsir  Puri dan juga peran bendesa adat yang selama ini telah banyak membantu kita dalam memajukan LPD Sayan," imbuh Toko.


Kemudian dia menjelaskan dari sisi manfaat yang sudah diberikan ke desa adat maupun masyarakat Sayan, dimana setiap ada Krama/warga Sayan meninggal dunia dari LPD memberikan santunan berupa dana kematian dengan nilai sebesar Rp 500.000. Dalam kurun waktu satu tahun total dana yang diserahkan ke Krama lewat dana kematian mencapai Rp 20 juta lebih.


Hal ini sebagai bentuk ungkapan bela sungkawa LPD pada Krama. LPD juga memberikan perhatian pada anak-anak murid yang berprestasi dalam bentuk beasiswa. "Kita juga beri perhatian pada para Pemangku di Pura Khayangan Tiga, kemudian para pecalang juga diberikan insentif setiap bulannya," terangnya.


Menurut dia, semua itu bentuk dukungan LPD sebagai Laba Pura Desa dalam keberadaanya di desa adat dapat memberikan asas manfaat dan seiring dengan kepercayaan masyarakat Sayan yang terus meningkat, maka ke depannya diharapkan akan terus ditingkatkan kontribusi LPD ke masyarakat Sayan.


Sehingga kehadiran LPD benar-benar memberi asas manfaat demi kesejahteraan masyarakat. "Untuk itu kita berharap dukungan kepercayaan dan juga partisipasi seluruh masyarakat Sayan, dengan demikian Laba Pura Desa ini dapat terus berkembang di era industri 4,0 saat ini,"  pungkasnya. ( Yes)


TAGS :

Komentar