QRIS Bank BPD Bali Digitalisasikan Layanan Samsat Pembantu Ubud

  • 28 Januari 2020 00:00 WITA

Gianyar, BaliBanknews -
Hadirnya layanan QRIS Bank BPD Bali pada peresmian Kantor Samsat Pembantu Ubud di Desa Sayan, Gianyar Selasa (28/1/2020) merupakan suatu inovasi baru dari UPTD Samsat Gianyar dalam melayani Wajib Pajak (WP) membayar pajak kendaraan berbasis digital. Tidak hanya itu saja, QRIS juga memudahkan WP dalam segi pembayaran pajak kendaraan cukup hanya dengan 1 menit saja transaksi pembayaran sudah selesai. 

 

Direktur Utama Bank BPD Bali, Nyoman Sudharma adannya QRIS di Kantor Samsat Pembantu Ubud sangat membantu WP, sebab WP tidak lagi perlu membuang uang cash bahkan bagi petugas Samsat pun tidak perlu repot lagi menyiapkan uang kembalian. Selain itu, Kantor Samsat Pembantu Ubud merupakan kantor layanan pertama berbasis digital di Bali dan Indonesia. Bahkan layanan QRIS bisa digunakan pada aplikasi start up seperti OVO, Linkaja dan penggunaan QRIS pun cukup mudah hanya tingga menscan barcode saja.

 

"Layanan QRIS pada Samsat Pembantu merupakan layanan digital pertama di Bali dan Indonesia," jelasnya.

 

Lanjutnya Sudharma, layanan QRIS ini merupakan sebagai bagian mensukseskan GNT (Gerakan Non Tunai) di Indonesia, sehingga piihaknya akan  melakukan pendekatan kepada Bapenda Provinsi Bali yang diharapkan nantinya dari unit layannan hingga gerai layanan Samsat diseluruh Bali bisa memanfaatkan QRIS yang sangat mengefisien waktu layannan WP saat membayar pajak kendaraannya. Dengan berjalan lancarnya acara ini dikarenakan oleh kesigapan panitia yang di akomodir oleh Kepala Bank BPD Bali Cabang Renon, Ida Ayu Tri Rasmiwinari.

 

"Saya harap adanya layanan QRIS dari Bank BPD Bali membuat masyarakat menjadi menghemat waktu WP, artinya masyarakat bisa menjadi produktif lagi tanpa harus mengantri lama di kantor layanan Samsat," harapnya.

 

Hal yang sama juga dikatakan oleh Sekda Provinsi Bali, Dewa Made Indra bahwa Kantor Layanan Samsat Pembantu Ubud sudah termasuk kantor yang modernisasi sebab bisa melayani WP dengan menggunakan QRIS.

"Sekarang ini zamannya diigital maka layanannya pun juga harus digital, sehingga peredaran uang tunai di kantor samsat menjadi berkurang," jelasnya.

 

Ia menambahkan, kedepan semua unit pelayanan Samsat akan menggunakan QRIS yang ditarget akan selesai di tahun sekarang. "Yang terpenting sistemnya sudah dibangun pada layanan Kantor Samsat Pembantu, nanti akan kita cek dalam 1 atau 2 hari bila tidak ada permasalahan langsung kita jalankan layanan QRIS di seluruh UPT Samsat di Bali," jelasnya

 

KUPT Samsat Gianyar, Anak Agung Rai. AA Rai Sugiharta menjelaskan, dengan adanya QRIS sangat membantu pihaknya dalam melayani WP yang ingin membayar pajak kendaraanya. "Saya sangat berterimakasih dengan QRIS yang dibuat oleh Bank BPD Bali yang sangat membantu kinerjanya," ucapnya. (yes) 


TAGS :

Komentar