UMKM Binaan PLUT Jembrana Meriahkan HUT Kepemimpinan Bupati dan Wabup Jembrana

  • 22 Februari 2020 00:00 WITA
Kepala Bank BPD Bali Kantor Cabang Negara, Ida Bagus Made Surawan (dua dari kiri)bersama UMKM binaan.

Negara, BaliBanknews -

UMKM binaan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Jembrana turut memeriahkan HUT Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Jembrana ke-4 dalam periode kedua. 

UMKM yang terlibat semuanya telah menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Program layanan transaksi digital yang efisien ini bekerjasama dengan Bank BPD Bali Cabang Negara. 

Konsultan PLUT Jembrana, Irwan mengatakan, dalam upaya memajukan sektor UMKM di Jembrana, pihaknya bekerjasama dengan BPD Bali Cabang Negara. Ia berharap dengan layanan ini, bentuk transaksi secara digital lebih dikenal di masyarakat. 

"Saat ini PLUT Jembrana sudah kerjasama dengan BPD Bali Cabang Negara. Ini sebagai upaya untuk memajukan UMKM di Bumi Makepung," ujar Irwan kepada Balibanknews belum lama ini. 

Dalam acara ini dihadirkan 15 UMKM binaan BPD Bali Cabang Negara. Acara pun semakin berjalan semarak dan meriah karena ada sejumlah doorprize yang menarik. 

Tak hanya itu, UMKM di Jembrana juga akan mendapatkan bantuan untuk kemudahan mengembangkan usahanya. BPD Bali Cabang Negara akan memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga yang murah. 

"Kami juga melibatkan sebanyak 15 UMKM binaan. Akan ada pemenangnya yaitu juara satu, dua, dan tiga untuk usaha startup pemula. Yang tak kalah penting, UMKM akan kami berikan KUR dengan bunga yang murah," ujar Kepala BPD Bali Cabang Negara, Ida Bagus Made Surawan.

Ia mengatakan, di Jembrana, jajarannya menyiapkan 15 UMKM binaan BPD cabang. Ia menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan para pelaku UMKM selama ini. 

"Ke depannya dengan transaksi nontunai QRIS akan mengurangi penggunaan uang kes di pasar," ujarnya. 

Sosialisasi ini merupakan kewajiban Bank BPD Bali dalam rangka pengenalan produk pada seluruh lapisan masyarakat dan stakeholder yang ada di Bali. Bank BPD Bali telah mendapat izin menggunakan transaksi QRIS dari Bank Indonesia sejak 18 Desember 2019. 

"Bank BPD Bali adalah bank ke-14 dan bank kedua dari seluruh BPD yang diizinkan bertranskasi menggunakan QRIS," ujarnya.

Wakil Bupati Jembrana, Kembang Hartawan berkesempatan  berbelanja langsung dengan memakai sistem pembayaran menggunakan QRIS. Kembang pun tampak antusias mempraktikkan  pembayaran lewat transaksi nontunai Aplikasi QRIS BPD Bali.

"Saya apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini. Bank BPD Bali sudah bisa memberikan kemudahan terutama untuk pelaku UMKM," ujar Kembang Hartawan.

Ia menambahkan, lewat aplikasi ini, berbelanja jadi sangat mudah dan cepat. Ia mendorong kepada seluruh pedagang maupun UMKM agar bisa memanfaatkan fasilitas yang dimiliki BPD Bali. (yes)


TAGS :

Komentar