RAT XVIII KSP Guna Prima Dana Serahkan KUR dan 1.000 Parcel Kepada Anggota

  • 15 Maret 2020 08:00 WITA

Mangupura, BaliBanknews -

Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Guna Prima Dana menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-18 di Wantilan Murda Ulangun Pecatu, Desa Adat Pecatu, Minggu (15/03/2020). KSP Guna Prima Dana juga menyerahkan KUR dan 1.000 parcel kepada anggota.

Hadir dalam kegiatan RAT kali ini Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung, Ketua Dekopinda Badung, Camat Kuta Selatan, Prebekel Desa Pecatu dan undangan lainnya.

Manajer KSP Guna Prima Dana, I Wayan Suyatna mengungkapkan KSP Guna Prima Dana sebagai koperasi penyalur KUR pertama di Bali di tahun 2019 dengan plafon sebesar Rp 8,5 miliar dari Kementrian Perekonomian RI. Dalam kurun waktu hingga Oktober 2019 sudah semua tersalurkan dengan NPL 0.

Di tahun 2020 ini KSP Guna Prima Dana memperoleh plafon sebesar Rp 30 miliar (Rp 10 miliar KUR mikro dan Rp 20 miliar KUR kecil) dengan suku bunga 6% per tahun.

"Per Jumat kemarin, KUR sudah tersalurkan mencapai Rp 6 miliar. Kita masih punya plafon lagi Rp 24 miliar, hingga akhir tahun optimis tersalurkan," ucapnya.

Koperasi yang memperoleh predikat Terbaik Nasional tahun 2019 ini dari segi pertumbuhan diakui Wayan Suyatna bertumbuh signifikan. SHU sesuai target yakni mencapai Rp 3 miliar. Aset tumbuh signifikan di tahun 2018 hingga 2019 meningkat hampir menembus angka Rp 40 miliar, sehingga total aset hingga Desember 2019 mencapai Rp 164 miliar.

"Hal itu menunjukan KSP Guna Prima Dana sangat dipercaya masyarakat dalam menempatkan dana mereka," ucapnya. 

Kenaikan tersebut lebih jauh diakuinya tidak terlepas dari ditunjuknya KSP Guna Prima Dana sebagai penyalur KUR, sehingga dari segi kelembagaan, permodalan dan lainnya sehat dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal itu semakin menumbuhkan kepercayaan anggota dan masyarakat.

Di tahun 2020 sesuai rencana kerja baik aset maupun SHU diharapkan bisa meningkat. Didukung oleh produk KUR yang cukup besar  disalurkan tahun ini, sehingga berdampak terhadap peningkatan pinjaman yang berimbas pada naiknya pendapatan.

KSP Guna Prima Dana dalam menghadapi tantangan financial teknologi di era revolusi industri 4.0 ini sudah didukung aplikasi online KSP GPD Online, bahkan kartu anggota juga berbasis e-money. Perkembangan keanggotaan di tahun 2019 peningkatan anggota sebanyak 101 orang dan calon anggota lebih dari seratus orang sehingga total anggota sebanyak 614 anggota per Desember 2019.

Dekopinda Badung menyambut baik pertumbuhan dan prestasi KSP Guna Prima Dana dan berharap menumbuhkembangkan kerjasama antar anggota mulai menyimpan dan meminjam sehingga koperasi ini kedepan semakin berprestasi.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung I Made Widiana, dalam sambutannya mengatakan KSP Guna Prima Dana sudah mampu bersaing, maju, modern dan menjadi koperasi yang mampu menjalankan prinsip koperasi dari untuk dan oleh anggota dengan baik.

Sebagai penyalur KUR satu-satunya di Bali, Widiana berharap dalam menyalurkan pinjaman tetap mengutamakan prinsip kehati-hatian dan KSP Guna Prima Dana bisa menjadi contoh bagi koperasi lainnya.

KSP Guna Prima Dana juga menyerahkan beasiswa dari tingkat SD hingga SMA, dana duka bagi anggota dan penyerahan dana pembangunan daerah Kerja. (jhon)


TAGS :

Komentar