Gelar RAT ke-X, KSU. Fajar Emas Sejahtera Bukukan Aset Rp 38,5 Miliar

  • 17 Maret 2020 08:00 WITA
Suasana RAT KSU. Fajar Emas Sejahtera pada Senin (16/3/2020)


Gianyar, balibanknews.com
Maraknya isu penyebaran virus Corona atau Covid-19 dan himbauan untuk tetap tinggal dirumah rupanya tak menyurutkan animo anggota menghadiri rapat anggota tahunan (RAT) ke-X KSU. Fajar Emas Sejahtera. RAT yang digelar di gedung bulu tangkis di Jalan Raya Singapadu Senin (16/03/2020) dihadiri hampir seluruh anggota. Dalam kesempatan tersebut pengurus menyampaikan pertumbuhan koperasi selama 2019 dan tercatat aset tumbuh cukup signifikan sebesar Rp 38,5 miliar.
Dibandingkan tahun 2018, pertumbuhan aset pada tahun buku 2019 naik sebesar Rp 4,6 miliar atau dari Rp 34 miliar naik menjadi Rp 38,5 miliar dengan persentase pencapaian target sebesar 98,37 persen. Pertumbuhan aset tersebut diakui tak lepas dari peran aktif seluruh anggota baik menaruh dana atau sebagai debitur. 
Besaran aset atau kekayaan koperasi tentu merupakan akumulasi dari pertumbuhan dana antara lain tabungan, deposito, simpanan pokok, dan simpanan wajib, selain juga laba yang dihasilakan dari penyalurkan kredit. Dana dalam bentuk tabungan selama 2019 tercatat tumbuh sebesar Rp 9,6 miliar  meningkat dari tahun 2018 yang tercatat sebesar Rp 9,3 miliar. 
Berbeda dengan tabungan, pertumbuhan dana dalam bentuk deposito meningkat cukup signifikan selama 2019. Tercatat deposito tumbuh sebesar Rp 23,9 miliar atau meningkat sekitar Rp 3,1 miliar dibandingkan 2018 yang tercatat Rp 20,8 miliar. 
Meningkatnya pertumbuhan dana tentu membawa dampak signifikan bagi pertumbuhan kredit. Meningkatnya kinerja kredit selama 2019 membuat koperasi ini berhasil menggenjot kredit melampaui target yang ditetapkan. Kredit yang tersalurkan selama 2019 tercatat sebesar Rp 29 miliar atau tercapai lebih besar dari target yang ditetapkan yakni Rp 27,4 miliar. Bahkan jika dibandingkan tahun sebelumnya angka pencapaian kredit pada 2019 jauh lebih besar. Pada 2018 tercatat kredit tersalurkan sebesar Rp 23,4 miliar sehingga peningkatan terjadi sebesar Rp 5,6 miliar. 
Meningkatnya pertumbuhan dana dan pinjaman tentu saja menambah nilai sisa hasil usaha (SHU) kepada anggota. Dalam agenda RAT tersebut disampaikan kepada sleuruh anggota SHU 2019 tumbuh sebesar Rp 1,2 miliar atau tumbuh sekitar Rp 206 juta dibanding tahun 2018 yang tercatat sebesar Rp 1 miliar lebih. Jika seandainya anggota sepakat untuk melakukan penarikan terhadap SHU pengurus pun menyatakan kesiapannya dan menunjukan transparansinya.
Manajer KSU. Fajar Emas Sejahtera Ni Gusti Ayu Ketut Sari saat ditemui disela-sela acara mengakui, peran aktif anggota memanfaatkan dana yang dimiliki koperasi membuat kredit yang tersalurkan selama 2019 meningkat signifikan. Selain itu kinerja pengurus dan karyawan koperasi juga tak kalah penting. Manajemen resiko yang baik dan pelayanan maksimal diakuinya menjadi kunci lancarnya penyaluran kredit, meskipun selama tahun 2019 kondisi ekonomi tak begitu baik, namun pihaknya tetap berusaha menunjukan kinerja yang optimal. 
"Anggota percaya penuh pada koperasi, sehingga animo menaruh dan mencari dana tetap tinggi, meskipun tahun 2019 dikatakan tahun sulit tapi transaksi tetap normal. Semua itu tak lepas dari pelayanan yang baik dan transparansi yang kami tunjukan kepada anggota," ujarnya.
Sementara untuk kinerja 2020, Gusti Ayu mematok target pertumbuhan sebesar 15 persen. Pertumbuhan aset pada 2020 ditargetkan sebesar Rp 44,3 miliar, sementara dana dalam bentuk tabungan ditargetkan sebesar Rp 11 miliar, deposito sebesar Rp 27,5 miliar. Sedangkan kredit pada 2020 juga ditarget meningkat sebesar Rp 33,4 miliar dan SHU ditarget dikisaran Rp 1,4 miliar. 
Melihat kondisi ekonomi di awal tahun 2020 yang kurang begitu menguntungkan, Gusti Ayu mengakui mematok target lebih realistis. Namun pihaknya tetap meyakini target akan tercapai dengan baik karena besarnya dukungan anggota dan aktifitas anggota di wilayah Desa Singapadu yang rata-rata adalah pelaku UMKM. 
Di akhir acara RAT dilakukan pengundian hadiah bagi seluruh anggota dengan hadiah utama satu unit sepeda motor Honda Scoopy. Seluruh anggota yang hadir memiliki kesempatan yang sama mendapatkan hadiah utama dan anggota yang beruntung yakni I Wayan Asmana asal dari Banjar Kebon Desa Singapadu berhasil membawa pulang hadiah utama tersebut. Hadiah utama lain seperti lemari es, LED TV, mesin cuci, magic com, setrika listrik hingga jam dinding juga sukses memancing animo anggota untuk mengikuti jalannya acara sampai selesai. Kedepan Gusti Ayu mengatakan akan selalu ada doorprise menarik dalam setiap agenda RAT, anggota diharapkan makin aktif lagi memanfaatkan produk yang dimiliki KSU. Fajar Emas Sejahtera. [Mdy]

 


TAGS :

Komentar