Berangus Covid-19, Bapenda Bali Gelar Penyemprotan di Kantor Samsat se-Bali

  • 22 Maret 2020 00:00 WITA
-

Denpasar, BaliBanknews-
Memastikan Kantor Samsat se-Bali terbebas dari Covid-19, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Bali, I Made Santa, SE. M.Si., sesuai intruksi Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali melaksanakan penyemprotan disinfektan di seluruh Kantor Samsat, Minggu (22/3/2020). Untuk di Kota Denpasar, dipimpin langsung KUPT Samsat Kota Denpasar, Drs. I Nengah Suarnata yang mendapatkan didukung penuh dari pihak kepolisian, Jasa Raharja serta dari Bank BPD Bali dan Bank BRI.

Nengah Suarnata mengatakan, kegiatan penyemprotan disinfektan dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan salah satu langkah untuk memberhangus Covid-19. Penyemprotan dilakukan diseluruh lingkungan dan ruang pelayanan, mulai dari Kantor Bapenda Provinsi Bali, Kantor Samsat dan Gerai Samsat di seluruh Bali. Dijelaskannya secara reguler penyemprotan disinfektan telah dilakukan secara instens dan berkala, sehingga kegiatan yang dilakukan saat pelayanan tutup (Minggu) bisa dioptimalkan.

"Kegiatan ini merupakan salah satu kepedulian kita Bapenda dan KUPT kabupaten/kota se-Bali dalam rangka penanggulangan Covid-19. Bapenda, KUPT dan Gerai Samsat seluruh Bali kkta semprot disinfektan serentak hari ini. Kerjasama dengan partner kita dari kepolisian, BPD Bali, BRI dan Jasa Raharja serta semua unsur terkait didalamnya. Semua disemprot, utamanya di ruang pelayanan yang banyak dikunjungi oleh WP (wajib pajak, red). Seminggu sebelumnya sudah melaksanakan kegiatan ini tapi sekarang serentak seluruh Bali," ujar Nengah Suarnata lanjut menjelaskan terkait  libur hari suci Nyepi, pelayanan samsat  akan dihentikan pada tanggal 24 - 26 Maret 2020.

Dijelaskan pula, khusus di Kantor Samsat Denpasar telah disiapkan hand sanitizer di 15 titik ruang pelayanan serta alat ukur suhu tubuh (thermo gun) di depan pintu masuk. Pada jam kerja biasa penyemprotan diawali pukul 7:00 WITA dan sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Bali No.7194 Tahun 2020 tentang Panduan Tindak Lanjut terkait Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Lingkungan Pemprov Bali. Hingga saat ini pihaknya masih melakukan pelayanan secara penuh terkecuali untuk Samling (Samsat Keliling) dan Samsat Kerthi sementara waktu di stop. 

Direktur Operasional Bank BPD Bali, Ida Bagus Gede Setiayasa, S.Kom., M.M., yang hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan, sebagai partner strategis pelayanan samsat di Bali pihaknya sangat mendukung upaya terkait antisipasi dan pencegahan Covid-19 tersebut. Karena dijelaskannya, Bank BPD Bali sendiri telah melakukan langkah-langkah penanggulangan dengan optimal. Diharapkan ditengah kondisi saat ini masyarakat bisa mengoptimalkan pembayaran samsat melalui e-Samsat.

"Hari ini kita sudah bicarakan agar dibuatkan himbauan kepada WP untuk mengefektifkan penggunaan e-Samsat, baik menggunakan e-Samsat nasional maupun dengan menggunakan e-Samsat lewat layanan Mobile Banking atau ATM Bank BPD Bali. Sehingga WP tidak perlu datang ke Kantor Samsat. Hari ini kita sudah sampaikan, kita akan siapkan media sosialisasi untuk masyarakat Bali. Khususnya untuk dapat diakses secara efektif dalam rangka pencegahan Covid-19 di daerah kita ini," ujar Ida Bagus Setiayasa.

Terkait antisipasi Covid-19 di Kantor Samsat Denpasar, Kasi STNK Subdit Regiden Ditlantas Polda Bali, Kompol. I Nyoman Nuryana, SH, MH., juga menyampaikan, upaya pencegahan juga dilakukan pihaknya dengan melengkapi para anggotanya dengan peralatan untuk melayani WP. "Kita melakukan pencegahan dengan penyemprotan dan melengkapi anggota dengan peralatan untuk pengamanan masing-masing perorangan. Dalam rangka melayani wajib pajak dengan memakai masker dan slop tangan karena anggota menerima berkas dari masyarakat. Penting kita berusaha melaksanakan pencegahan dan menjaga kesehatan diri masing-masing anggota untuk pelaksanaan pelayanan di samsat," jelasnya. ( Rilis)


TAGS :

Komentar