Tingkatkan Skill, BI Bali Gelar Capacity Building GenBI 2020

  • 30 September 2020 00:00 WITA

Mangupura, BaliBanknews -
Guna meningkatkan skill mahasiswa yang tergabung dalam Generasi Baru Indonesia (GenBI), Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali menggelar kegiatan Capacity Building GenBI 2020, Rabu (30/9/2020).

Narasumber yang dihadirkan adalah para pakar di bidangnya yaitu Aqua Dwipayana, Sandiaga Uno, Savero Karamiveta Dwipayana dan Akbari Madjid.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho dalam kesempatan ini mengungkapkan keberhasilan mempersiapkan sumber daya manusia menjadi kekuatan bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa. Untuk itu diperlukan pendidikan yang mampu menghasilkan putra-putri bangsa yang berkarakter, cerdas, terampil, berdaya juang dan daya saing tinggi serta dilandasi dengan semangat kebangsaan yang kuat. 

"Pembangunan manusia melalui pendidikan menentukan kekuatan serta daya saing bangsa," ucap Trisno.

Lebih jauh Trisno mengungkapkan, hingga saat ini salah satu tantangan terbesar penyelenggaraan pendidikan di Indonesia adalah biaya pendidikan yang relatif tinggi. Besarnya biaya pendidikan tinggi di Indonesia, banyak membuat generasi muda yang berprestasi tidak mampu melanjutkan studi. Sebagai bentuk kepekaan dan perwujudan kepedulian akan kondisi tersebut, Bank Indonesia melalui Program Sosialnya berupaya berperan aktif dalam peningkatan kualias masa depan sumber daya manusia melalui program beasiswa.

"Saat ini pada tahun 2020, program beasiswa diberikan kepada 225 orang mahasiswa/i jenjang sarjana (S1) reguler di dua Univeritas Negeri yaitu Universitas Udayana dan Universitas Pendidikan Ganesha serta dua Universitas Swasta yaitu Universitas Pendidikan Nasional dan Universitas Warmadewa," ujarnya.

Bank Indonesia juga telah menyiapkan Generasi Baru Indonesia (GenBI) sebagai wadah penerima beasiswa untuk mengasah berbagai macam kecerdasan, mengoptimalkan berbagai bakat dan potensi kepemimpinan. Salah satu wadah pembinaan itu adalah yang diikuti saat ini, yaitu Capacity Building GenBI 2020.

Hari ini, seluruh peserta akan dilatih kemampuan berkomunikasi, strategi menghadapi era normal baru, bagaimana melihat peluang di masa pandemi dan peningkatan kemampuan public speaking.

"Di hadapan saya saat ini ada sekitar 225 orang pemuda yang siap mengosongkan gelas mereka dan mengisinya dengan ilmu komunikasi, mampu bertahan dan melihat peluang di masa pandemi dan public speaking," ucapnya.

Trisno berharap kegiatan ini mampu mengakselerasi penguatan SDM GenBI Provinsi Bali yang berkompetensi tinggi, dan berkepribadian luhur, guna mencetak pemimpin-pemimpin bangsa di masa yang akan datang. (jhon)


TAGS :

Komentar