Dana Likuiditas LPD Nyuhtebel Aman Ditengah Covid-19

  • 21 Oktober 2020 00:00 WITA

Karangsem, balibanknews.com

Wabah Covid-19 di Bali membawa dampak yang sangat luas terutama bagi lembaga keuangan di Bali   seperti halnya LPD Desa Adat Nyuhtebel . LPD yang ada di Kecamatan Manggis Karangsem tersebut di masa wabah Covid-19 menyiapkan dana likuiditas hingga 20 % hingga mencapai Rp 5  Miliar lebih  sehingga LPD tetap aman. demikian diungkapkan Pemucuk LPD Nyuhtebal  , I Kadek Tirta,  ketika dtemui BaliBanknews, Rabu  (20/10/2020).


Menurutnya LPD lebih memberikan prioritas dalam ketersediaan dana likuiditas, dengan demikian penarikan di LPD tetap aman. Hal ini dilakukan supaya ada kepercayaan masyarakat terhadap lembaga adatnya sendiri. Meskipun semua sektor merasakan, namun lembaga adat ini harus tetap berjalan dalam melayani Krama/warga Nyuhtebel .


"Bahkan kita di LPD Nyuhtebel  telah melakukan beberapa langkah-langkah demi memberikan keringanan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Seperti memberikan keringanan dalam pembayaran kredit di LPD dengan hanya membayar bunga saja hingga 6 bulan serta  hingga nanti pandemi ini berahir   dan juga Restrukturisasi kredit ," beber Tirta .


Lelaki yang juga ketua BKS LPD Kecmatan Manggis   ini menambahkan, dari segi aset LPD Nyuhtebel   hingga September   2020 mencapai Rp 32  miliar.  "Masih stabil ini artinya kepercayaan masyarakat di Nyuhtebel  akan terus kita jaga," dan terkait wabah Covid-19 ini masyarakat kita sangat merasakan dampak yang sangat luas ini di karanakan sektor Pariwisata yang besar penunjangnya di   LPd,  meski masih ada sektor usaha  penunjang lainnya  seperti pertanian dan juga peternakan  ayam masih berjalan  krama kita di Nyuhtebel  penghasilan sehingga narik uangapun masih seperlunya di LPd   ucapnya. 


Terkait dana Likuiditas kita di LPD Nyuhtebal kita masih mempercayakan dana kita di  LPd tetap di Bank BPd Bali Khusnya capem Candidasa dan kita LPd tidak mungkin pindah ke Bank lain karena ada ikatan historis dan juga sejarah yang kita  ibaratkan hubungan antara bapak dan anak dan BPD tidak perlu kuwatir ucapanya.


Sementara itu, Jro Bendesa Desa  Adat Nyuhtebel  Ir, I  Ketut Mudra, Menambahkan  sangat mengapresiasi atas kebijakan LPD Nyuhtebel  yang sudah bisa memberikan keringanan pembayaran kredit dan juga Restrukturisasi kredit di LPd dan terkait wabah Covid-19 Khusnya di masyarakat kita di Nyuhtebal yang sangat berpengaruh adlah dari sektor Pariwisata saja sedangkan sektor pertanian,  dan peternakan  masih bisa menghasilkan hingga saat ini  Untuk itu Mudra  berharap pada masyarakat Nyuhtebal  tetap memberikan kepercayaan penuh pada penempatan dana di LPd.

"Ke depannya diharapkan kepercayaan dan kerja sama yang sudah terjalin sangat baik selama ini dapat terus lebih ditingkatkan," katanya. [Yes]


TAGS :

Komentar