LPD Sidembunut Berencana Buat Program Tabungan Ngaben Massal Lewat Dana Abadi Krama

  • 14 November 2020 00:00 WITA

Bangli, BaliBanknews -
Meskipun sempat terpuruk selama 10 tahun dan kemudian pada April 2010 kembali dihidupkan lewat kepengurusan baru, Lembaga Perkreditan Sidembunut Bangli mendapat bantuan dari  perekonomian Kabupaten Bangli sebesar Rp 5 juta. Ketika itu pengurus LPD Sidembunut awalnya tanpa digaji selama 1 tahun lebih.

Selanjutnya, 2 tahun kemudian pada 2012 pengurus mendapatkan gaji. Seiring kepercayaan Krama/warga setempat maka LPD Sidembunut terus meningkat. Pemucuk LPD Sidembunut, I Wayan Budi kepada BaliBanknews Sabtu (14/11/2020) mengungkapkan, di tahun 2019 LPD ini bisa membangun gedung baru dengan biaya Rp 176 juta.

Dalam  pembangunan Gedung LPd  ini dengan sistim  swakelola yang diambil dari modal LPD sendiri. Sebelum memiliki gedung, aset LPD Sidembunut baru mencapai Rp 2 miliar. Hingga Oktober 2020 aset LPD terus meningkat telah mencapai Rp 2,7 miliar dengan laba Rp 120 juta, dari target laba Rp 105 juta.

Budi menyampaikan, berkait pandemi Covid-19 LPD Sidembunut juga telah melakukan relaksasi kredit bagi masyarakat yang ekonominya terdampak wabah global ini.

"Dengan terus meningkatknya kepercayaan masyarakat Sidembunut, LPD akan berencana membuat program kepada masyarakat Sidembunut terkait pelaksanaan upacara Pitra Yadnya atau Pengabenan," terang Budi.

Mengenai tabungan Ngaben ini besaran setoran belum ditentukan. "Nanti kita masih rembugkan kepada pengurus LPD dan juga Prajuru desa nanti kita akan buatkan dana abadi Krama. Nanti kita akan bebankan setiap kepala keluarga jumlahnya, namun belum kita pastikan dengan," katanya.

Kata dia, dengan jumlah penduduk di Desa Adat Sidembunut sebanyak 800 kepala keluarga pihaknya optimis upacara Pengabenan massal bisa dilaksanakan setiap 3 tahun sekali  dan dengan dukungan masyarakat setempat dapat terwujud. 

Pengawas LPD Sidembunut, I Nengah Suara yang juga selaku Wakil Bendesa Adat Sidembunut mengatakan, untuk mewujudkan rencana program Ngaben massal diharapkan dukungan seluruh masyarakat Sidembunut. Disamping itu pula pihaknya menyampaikan terimakasih kepada Krama Sidembunut.

"Berkat kepercayaan dan partisipasi Krama, lembaga adat ini bisa tetap berkembang untuk. Kita berharap pada Krama agar tidak ragu dan takut lagi dalam memanfaatkan program-program unggulan di LPD," ujar Suara. (Yes)


TAGS :

Komentar