Rayakan HUT LPD ke 36 Secara Sederhana di Pura Silayukti, Gubernur Minta LPD Turut Wujudkan Menuju B

  • 25 November 2020 00:00 WITA

 


Karangasem, BaliBanknews

 

HUT Lembaga Perkreditan Desa (LPD) yang ke 36 bertepatan pandemi Covid-19 dirayakan sederhana, hanya dihadiri perwakilan LPD. Dimana tahun-tahun sebelumnya, HUT LPD di Bali dirayakan dengan meriah. "Namun HUT tahun ini karena masih dalam penyebaran Covid-19 dilakukan secara sederhana," ucap Ketua Badan Kerja Sama (BKS) LPD Bali, I Nyoman Cendikiawan saat perayaan HUT LPD di Pura Silayukti Padangbai Kabupaten Karangasem, Rabu (25/11/2020).


Ia berharap wabah Virus Corona ini dapat berakhir secepatnya, sehingga perekonomian Bali kembali bangkit. Pihaknya bersyukur kinerja LPD masih berada di level baik, karena adanya pembinaan-pembinaan kepada pengurus dan SDM LPD.


Cendikiawan menyebutkan, per Oktober 2020 berdasarkan data tabungan di LPD se-Bali tercatat sebesar Rp 8,9 triliun, deposito Rp 10,6 triliun, pinjaman Rp 16 triliun dan laba Rp 317 miliar. Saat ini di Pulau Bali terdapat 1.435 LPD dengan jumlah karyawan 8.153 orang. 


"Kerja sama semua pihak mampu mempertahankan kinerja LPD. Pada kesempatan ini kami ada pemberian pelakat bagi 8 LPD perintis di 8 kabupaten di Bali. Di desa adat tantangan begitu berat, pahlawan ekonomi di desa adat diharapkan semakin tegar. Jangan terbang ketika dipuji jangan tumbang saat dicaci. BKS LPD tetap bergerak di lapangan terkait peningkatan SDM LPD," jelas Cendikiawan.


Sementara itu sambutan Gubernur Bali, I Wayan Koster yang dibacakan oleh Karobang menyampaikan, adanya Covid-19 kondisi perekonomian di Bali mengalami cobaan dan LPd telah mengambil langkah-langkah dalam membantu desa adat menghadapi pandemi global ini. Selaku Gubernur Bali pihaknya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh LPD se-Bali.


Selama kurun waktu 36 tahun, LPD telah menunjukkan perkembangan yang sangat pesat, baik dari sisi jumlah LPD maupun perkembangan volume usahanya. Sebagai Badan Usaha Milik Desa Adat, LPD terbukti memberi manfaat sosial ekonomi bagi Krama/warga desa dan mendukung pembangunan desa adat dalam arti luas.


Begitupun dalam operasionalnya selama ini LPD telah melayani usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), Krama desa melalui pelayanan jasa keuangan sesuai dengan kebutuhan Krama desa sebagai nasabah LPD yaitu prosedur yang sederhana, proses yang singkat, pendekatan personal serta kedekatan lokasi dengan nasabah. 


"Saya harapkan, apa yang telah dilaksanakan selama ini mohon untuk dipertahankan dan ditingkatkan. Diharapkan dapat turut serta dalam pembangunan perekonomian untuk mewujudkan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali menuju Bali Era Baru yaitu suatu era yang ditandai dengan tatanan kehidupan baru," katanya. 


Ketua BKS LPD Kabupaten Karangasem, I Made Mastiawan mengaku bangga karena perayaan HUT LPD kali ini mengambil tempat di Kabupaten Karangasem. Ia berharap LPD di kabupaten setempat dan di seluruh Bali semakin maju dan tumbuh ditengah ketatnya persaingan layanan keuangan di masyarakat. 


Acara ini juga dihadari jajaran direksi Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali dan para Kepala Cabang Bank BPD Bali, Pemucuk LPD serta para Ketua BKS LPD di 8 kabupaten se-Bali dan juga Koordinator LPLPD seluruh Bali. [Yes]

 


TAGS :

Komentar