BKS LPD Badung melaksanakan Program Konsuling dan Pendampingan selama 1 bulan kepada 10 lpd di badun

  • 11 Desember 2020 00:00 WITA

Badung, balibanknews.com

 

Berdasarkan surat dari Badan Kerja Sama-Lembaga Perkreditan Desa (BKS-LPD) Badung No.06/BKS/LPD-BDG/XI/2020 tentang Program Konsuling dan Pendampingan LPD dan atas rekomendasi dari LPLPD Kabupaten Badung dengan menunjuk 10 LPD untuk mengikuti pelatihan sumber daya manusia (SDM) LPD penanganan tata kelola, mitigasi, solusi dan saran terhadap laporan keuangan LPD, yang berlangsung dari tgl 10 Nop dan berakhir sampai tgl 12 Desember 2020 di LPD Kuta. 


Ketua bks lpd badung, I Wayan Gede Budha Artaha, S.E, M.M mengatakan dalam rangka menyikapi masa pandemi Covid-19 dengan kondisi serta situasi perkembangan LPD terkait kondisi ekonomi yang penuh ketidakpastian ke depan, LPD tetap perlu melakukan peningkatan SDM untuk mengantisipasi dampak risiko bagi tata kelola LPD. 


"Maka BKS LPD Badung akan melaksanakan program Konsuling dan Pendampingan sebagai pilot project 10 LPD yang bertemakan Konsulting Penanganan Tata Kelola, Mitigasi, Solusi dan saran terhadap laporan keuangan LPD yang bekerjasama dengan Lembaga diklat Almas Bapak Nengah Artha," katanya.


Pelatihan ini diikuti oleh pengurus LPD, bagian pembukuan dan badan pengawas LPD. Budha menjelaskan, bks lpd badung melaksanakan pelatihan penutup akhir tahun 2020 dalam meningkatkan SDM LPD se-Badung kali ini mengangkat tema "Penanganan Tata Kelola Mitigasi Solusi dan Saran terhadap Laporan Keuangan". "Pelatihan ini bukan dalam bentuk diklat tapi dalam bentuk konsulting dan pendampingan terarah dan tepat sasaran peningkatan kemampuan SDM khususnya tata kelola laporan keuangan," imbuh Budha. 


Lebih lanjut ia menyampaikan, tujuan pelatihan ini untuk membedah kondisi laporam keuangan dari 10 LPD sebagai pilot project di Badung, salah satunya adalah LPD Adat Kuta. "Setelah melakukan pembedahan dan mitigasi dalam meminimalkan risiko pengelolaan keuangan. Pelatihan ini sepenuhnya dibiayai BKS LPD Badung dan ditambah sponsor dari Bank BPD Bali Cabang Mangupura. Pelatihan ini diharapkan bisa terus berlanjut dan berkesinambungan. Ini bersumber dari dana pembinaan yang disetorkan oleh masing-masing LPD yang sebesar 5%," katanya.


Kata dia, dalam program BKS LPD Badung dalam setahun melakukan pelatihan sampai 3 kali. Mengingat sekarang hampir semua LPD di Bali mengalami kondisi ekonomi yang sulit. "Kondisi ini juga sulit diprediksi kapan akan membaik. Karena hampir semua LPD dimasa pandemi ini mengalami penurunan dana pihak ketiga (DPK).  Tapi kami tetap melakukan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan ekonomi sebagai persiapan 2021 optimis ekonomi membaik. Maka kita siapkap SDM tata kelola keuangan yang ada di LPD di Badung," beber Budha. (Yes)

 


TAGS :

Komentar