LPD Santi Tempati  Gedung baru di harapkan kepercyaan Krama meningkat 

  • 28 Desember 2020 00:00 WITA

 

 

Karangasem, BaliBanknews

Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Adat Santi yang berada di Kecamatan Selat  Kabupaten Karangasem  kembali mampu membuktikan diri ditengah kemerosotan ekonomi karena dampak pandemi Covid-19, mampu merampungkan pembangunan gedung baru. Pencapaian tersebut dapat terwujud berkat dukungan seluruh masyarakat.


Sehingga LPD Adat Santi  mampu menghuni gedung baru yang menjadi tempat memberikan pelayanan keuangan kepada Krama/warga adat setempat. Demikian disampaikan Petengen  LPD Adat Santi, I Gusti Ngurah  Arimbawa,  kepada BaliBanknews, beberapa waktu lalu.


Ia berharap, dengan adanya gedung baru akan meningkatkan kenyamanan Krama saat bertransaksi di LPD Santi . "Disamping itu juga diharapkan akan lebih menambah tingkat partisipasi dan juga  kepercayaan masyarakat semakin meningkat pada Laba Pura Desa ini," katanya.


Disampaikan Arimbawa, aset LPd sendiri hingga Desember ini telah mencapai Rp 3 miliar. pembangunan gedung LPD ini dilakukan dengan sistem swakelola dengan bersinergi dengan desa adat Santi di mana total dana yang di habiskan mencapai Rp 271 Juta dan dari LPd sebesar Rp 150 Juta sedangkan dari Desa adat sebesar Rp 120 Juta  "Dalam pembangunan gedung ini khusus dana dari desa adat kita ambil dari dana pembangunan sebesar 20 % setiap tahun kita pakai selama 5 tahun tidak di setor ke desa adat namun di pakai untuk penyusutan dalam hal pembangunan gedung LPd Santi" terang Arimbawa 

 

Terkait pandemi menurut Arimbawa , LPD Santi  juga telah memberikan relaksasi seperti anjuran pemerintah daerah selama Pandemi  bagi Krama yang ekonominya terdampak Covid-19. Relaksasi kredit kata dia dapat diperpanjang hingga pendemi berakhir.


Bendesa Adat Santi, I Gusti Ngurah Raka,  sangat mengapresiasi hadirnya gedung baru LPD Adat Santi, diharapkan pada seleruh masyarakat Santi  yang ada di situ banjar lebih meningkatkan lagi tingkat pertisipasinya di LPD. Apalagi LPD Santi  sudah memiliki gedung baru yang nyaman dan bagus.  "Kami harap kepercayaan Krama Santi, dalam memanfaatkan program-program yang ada di LPD dan pengurus serta staf di LPD Santi  dapat lebih meningkatkan lagi pelayanan pada Krama. Sehingga ke depannya dengan hadirnya lembaga adat akan lebih membuat desa adat dan juga masyarakat Santi  makin sejahtera," pungkasnya.( Yes)

 


TAGS :

Komentar