Tak Hanya Mampu Tumbuhkan Aset dan Laba di Masa Pandemi, LPD Desa Adat Dukuh Moncos Berikan Dana Du

  • 24 Februari 2021 00:00 WITA

Mangupura, BaliBanknews -
Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Adat Dukuh Moncos di Kecamatan Mengwi  Kabupaten Badung mampu  berikan dana duka pada Krama/warga yang meninggal sebagai bentuk asas manfaat atas keberadaan lembaga keuangan milik desa adat kepada warganya. Selain itu juga di masa pandemi Covid-19 LPD Dukuh Moncos memberikan kredit pada petani untuk meningkatkan hasil panen di desa adat setempat. 


Pemucuk LPD Adat Dukuh Moncos, I Nyoman Widia kepada Balibanknews, Rabu (24/2) menyatakan, dana duka yang diserahkan kepada keluarga yang ditinggalkan sebesar Rp 1,5 juta. Tidak hanya dana duka sebagai ungkapan belasungkawa terhadap keluarga yang ditinggalkan, LPD juga memberikan kredit tanpa bunga dan administrasi selama 3 bulan sebesar Rp 5 juta untuk biaya Ngaben.


Widia menyebutkan dengan dukungan satu Desa  Adat dengan  200 KK  hingga akhir Desember 2020, aset LPD Adat Dukuh Moncos tercatat sebesar Rp 27,7 miliar. Angka tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2019. Aset LPD Dukuh Moncos pada 2019 mencapai Rp 27,1 miliar atau ada peningkatan 3%. "Kami bersyukur meskipun pandemi masih dapat meningkat ," katanya. 


Tidak hanya mampu meningkatkan aset, di masa sulit akibat dampak dari pandemi Covid-19, LPD Adat Moncos juga mencapai peningkatan laba. Pasalnya, laba LPD desa  Adat Dukuh Moncos pada tahun 2020 mencapai Rp 580 juta. Sedangkan tahun 2019 laba tercatat mencapai Rp 570 juta atau ada kenaikan laba sebesar 2%.


Hal ini diakui Widia karena dukungan dari Krama dan Bendesa Adat serta Badan Pengawas LPD setempat yang telah memberikan kepercayaan kepada lembaga adat ini dalam mengelola keuangannya. Begitupun peran dari Bendesa Adat serta Badan Pengawas LPD yang senantiasa memberikan motivasi kepada pengurus dan Krama agar tetap menempatkan dananya di LPD Dukuh Moncos. 


Disebutkan Widia, pada tahun buku 2020, LPD Adat Dukuh Moncos memberikan dana pembangunan ke desa adat sebesar Rp 116 juta atau sebesar 20% dari pencapaian laba.  Kita juga di LPd  memberikan kredit rekening koran kepada masyarakat  dengan Bungan 1% untuk penambahan modal usaha bagi masyarakat.  "Kita patut bersyukur di tengah pandemi dapat laba ini semua tentunya berkat dukungan dan kepercayaan serta partisipasi masyarakat Dukuh Moncos yang selama ini tetap memberikan kepercayaan penuh pada LPD," terangnya. 


Ia berharap pandemi ini dapat segera berakhir sehingga masyarakat kembali beraktivitas seperti biasa, dengan demikian roda perekonomian akan berangsur-angsur kembali normal. "Kami selaku pengurus LPD tetap membutuhkan motivasi dan dukungan dari desa adat baik Krama, Prajuru dan Badan Pengawas LPD Dukuh Moncos," harapnya.


Bendesa Adat Dukuh Moncos, I Ketut Suardana menyampaikan terimakasih atas kinerja LPD yang tercatat baik di tahun buku 2020 kendati dunia diguncang pandemi. "LPD Dukuh Moncos tetap mampu mencatatkan kinerja positif dengan adanya pertumbuhan aset dan laba selama pandemi. Kami akan tetap mendukung LPD jika program-programnya mengarah pada kesejahteraan Krama Desa Adat Dukuh Moncos," katanya. (Yes)


TAGS :

Komentar