LPD Guliang Kawan Tempati Gedung Baru dan Akan Menghadirkan Subsidi Ngaben

  • 20 Maret 2021 00:00 WITA

Bangli, BaliBanknews -

Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Adat Guliang Kawan  saat ini sudah mampu merampungkan pembangunan gedung baru. Keberadaan gedung baru LPD Adat Guliang Kawan Kabupaten Bangli ini diharapkan mampu menjadi motivasi pegawai LPD dalam meningkatkan kinerja. 


Gedung baru tersebut akan memberikan kenyamanan bagi masyarakat dan  para  nasabah yang melakukan transaksi di LPD. Begitupun nantinya akan semakin menambah tingkat kepercayaan masyarakat terhadap LPD Guliang Kawan. Dalam mencapai tingkat kepercayaan Krama/warga Desa Adat Guliang Kawan, LPD juga berencana akan menghadirkan subsidi dana Ngaben. Hal ini untuk meringankan beban Krama yang akan menggelar upacara Pitra Yadnya. 


Pemucuk LPD Adat Guliang Kawan, Ngakan Made Ranang didampingi Penyarikan LPD Guliang Kawan, Ni Nengah Ariati, serta Pengeraksa LPD Guliang Kawan, Sang Ayu Made Sari ketika ditemui BaliBanknews pada Sabtu  (20/3/2021) mengatakan bahwa LPD setempat akan terus menghadirkan produk-produk yang dapat memotivasi Krama dalam mempercayakan dananya dikelola LPD Adat Guliang Kawan. 


Kata dia, dana yang dihabiskan untuk pembangunan gadung baru sebesar Rp 400 juta dengan sistem swakelola. Dimana pamborongnya dari desa adat sendiri.  

Dana pembangunan gedung baru ini bersumber dari modal LPD Guliang Kawan. 

"Kita tidak membebani masyarakat Guliang Kawan ini murni dari modal LPD sendiri yang mana hingga akhir tahun 2020 modal sendiri LPd sebesar  Rp 616 juta," sebut Made Ranang.


Ia menyebutkan pada tahun buku 2020 aset LPD Guliang Kawan mencapai Rp 2,9 miliar, dibandingkan tahun 2019 sebesar Rp 2,2 miliar atau ada kenaikan aset sebesar 10%. Sedangkan laba tahun 2020 sebesar Rp 100 juta, tahun 2019 laba tercatat Rp 84 juta atau ada kenaikan laba 20%. 


"Kami LPD Guliang Kawan menyerahkan dana pembangunan tahun 2020 sebesar Rp 20 juta. Jumlah ini meningkat dari tahun 2019 dana pembangunan Rp 16 juta lebih," bebernya.  


Bendesa Adat Guliang Kawan, I Nengah Wiriana mengapresiasi atas pencapaian kinerja LPD Guliang Kawan di masa pandemi tetap bisa tumbuh dan berkembang serta berkontribusi ke desa adat. "Ini tentunya berkat dukungan dan juga kerja keras para pegawai LPD dan kita selaku bendesa adat akan tetap mendukung penuh setiap program yang LPD lakukan," ucapnya.( Yes)


TAGS :

Komentar