Beri Kontribusi, LPD Adat Telunwayah Tetap Dipercaya Krama di Masa Pandemi

  • 05 April 2021 00:00 WITA

Amlapura, BaliBanknews -
Saat ini Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Adat Telunwayah yang berada di kecamatan Sidemen  Kabupaten Karangasem mencatatkan aset per Maret 2021 mencapai Rp 41 miliar. Sedangkan laba yang dibukukan pada tahun 2020 mencapai Rp 760 juta. Pencapaian laba ditengah pandemi yang cukup tinggi ini patut diapresiasi. Pasalnya, pembukuan laba tersebut merupakan kerja keras pengurus dan pegawai LPD Telunwayah. 


Dimana, saat masa sulit ini tidak menyurutkan kinerja pengurus dan pegawai LPD Telunwayah sehingga berhasil mencapai laba di angka Rp 760 juta. Angka tersebut sungguh fantastis di masa sulit ini akibat pandemi Covid-19. Tingginya pencapaian laba ini berpengaruh terhadap kontribusi LPD ke desa adat. Pada tahun buku 2020, LPD Telunwayah menyerahkan dana pembangunan ke desa adat sebesar lebih Rp 140 juta.


Pemucuk LPD Adat Telunwayah, I Wayan Murta didampingi I Nengah Putu, Kepala Kredit LPD Telunwayah, serta Ni Luh Suastini, Pengeraksa LPD Adat Telunwayah ketika ditemui BaliBanknews di LPD setempat, Karangasem, Senin (5/4/2021) menyampaikan bahwa pengurus LPD didukung desa adat dan Prajuru serta Krama/warga maka LPD akan semakin maju. 


"Selama saya duduk di LPD ini, masyarakat sangat mendukung keberadaan LPD. Peran Bendesa Adat sangat antusias sekali, setiap saat datang ke LPD memberikan masukan," katanya. 


Di masa pandemi pihaknya telah memberikan bantuan sembako kepada 450 kepala keluarga di Desa Adat Telunwayah pada tahun 2020 lalu. "Kontribusi ke Krama, saat Tawur Kesanga Nyepi 2021 lalu, kami memberikan subsidi ke desa adat senilai Rp 10,6 juta. Kami ingin meringankan beban Krama," ucap Wayan Murta. 


Kata dia, LPD juga memberikan keringanan bagi Krama yang memiliki kredit karena ekonominya terdampak Covid-19. Selain itu, LPD pun akan memberikan keringanan pada Krama saat upacara Ngaben massal yang direncanakan pertengahan 2021 ini LPD akan memberikan sumbangsih berupa barang.


LPD juga memberikan kredit tanpa jaminan senilai Rp 1 juta sampai Rp 2 juta. Ia berharap, kepada Krama 100% mendukung keberadaan LPD, karena setiap tahun memberikan dana pembangunan ke desa adat. "Keberadaan LPD ini dari Krama untuk Krama. Jika sesuai dengan koridor kerja kami yakin LPD akan bertumbuh positif," tegasnya.


Bendesa Adat Telunwayah, I Wayan Gede Gunarsa sangat mengapresiasi dan bangga atas kinerja LPD Telunwayah yang mampu mencapai laba di masa pandemi ini. "Kami mengajak Krama Telunwayah untuk tetap mendukung LPD di desa adat ini. Mengingat, keberadaan LPD sangat berkontribusi untuk Krama dan desa adat," ajaknya. (Yes)


TAGS :

Komentar