LPD Desa Adat Budaga tetap Berkontribusi di Masa Pandemi Lewat Dana Pembangunan

  • 06 April 2021 00:00 WITA

Semarapura, BaliBanknews -
Masa sulit akibat dampak dari pandemi Covid19 tidak menyurutkan niat baik Pengurus Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Adat Budaga yang ada di kecamatan Klungkung  dalam memberikan kontribusi ke desa adat melalui dana pembangunan. Pasalnya dana ke desa adat sebesar 20% dari laba LPD ini akan membantu pembangunan di desa adat. Hal ini akan mendorong kemajuan di desa adat tersebut. 


Selain tetap memberikan dana pembangunan ke desa adat, LPD Desa Adat Budaga juga telah menyerahkan sembako pada bulan Mei tahun 2020 kepada masyarakat  dengan bersinergi dengan desa adat Budaga.  meski laba alami penurunan akibat Pandemi   tahun 2020 namun penurunan ini  sangat di  maklumi karena kondisi ekonomi masyarakat yang belum pulih namun LPd  masih mampu bekukan laba ini patut bersyukur.


Saat laporan pertanggungjawaban (LPJ) LPD Adat Budaga Tahun Buku 2020 yang berlangsung beberapa waktu lalu  laba lembaga keuangan milik desa adat ini  tetap mampu serahkan dana pembangunan sebesar Rp 7,4 juta. 


Pumucuk LPD Adat Budaga, I Nyoman Widara, didampingi, I Nengah Wijaya selaku Penyarikan LPD Budaga, I Komang Bidiasa selaku Petengen LPD Budaga  ketika ditemui BaliBanknews, Selasa (6/4/2021) menyampaikan LPJ sendiri sudah dilaksanakan pada 22/1/2021 lalu dihadiri jumlah masyarakat yang terbatas.

Ia mengungkapkan, aset tahun buku 2020 sebesar Rp 12 miliar. Sedangkan tahun 2019 aset LPD sebesar Rp 11 miliar atau ada peningkatan aset sebesar 10 %. Selanjutnya laba LPD tahun 2020 mencapai Rp 37 juta lebih. Sedangkan laba tahun buku 2019 mencapai Rp 120 juta  ada Penurunan  laba akibat Pandemi yang melanda Bali ucapnya Widara.


Widara  berharap masyarakat tetap menjaga kesehatan dan protokol kesehatan dan ingat dengan kewajban di LPD. "Kita di masa pandemi akan tetap memberikan kemudahan baik palayanan serta keringanan pembayaran kredit lewat pembayaran bunga saja serta pokoknya sesuai kemampuan," katanya. 

 

Bendesa Desa Adat Budaga , I Kadek Dwika Pratuna menyambut baik kinerja yang dicatatkan Pengurus LPD Adat Budaga  di masa pandemi tahun buku 2020 mencapai aset yang tumbuh positif meski laba ada penurunan namun kita memaklumi. LPD pun tetap menjalankan kewajibannya dengan menyerahkan dana pembangunan ke desa adat sebesar 20% dari laba. 


"Kami harap LPD Budaga  semakin dipercaya Krama/warga sehingga dapat mencapai kinerja yang semakin baik di tahun-tahun ke depannya. Kami di desa adat dan Krama tetap mendukung LPD," katanya. (Yes)


TAGS :

Komentar